5 Marketing Strategy Apple Yang Gak Banyak Orang Ketahui!

Apple menjadi perusahan yang paling populer di bidang teknologi

Sobat MBN kalo kalian ditanya pertanyaan ini:

Coba sebutin brand yang asalnya dari nama buah?

Atau engga gini nih:

Coba sebutin brand teknologi yang paling populer masa kini?

Aku jamin kalau kalian semua akan menjawab hal yang sama yaitu “Apple”kan?

Bertahun-tahun, Apple memang dikenal sebagai salah satu brand teknologi nomor 1 di dunia loh. 

Berbagai produknya seperti Iphone, Macbook, Ipod, Ipad, i-watch, dan lainnya sangat laku terjual di pasaran meskipun dibandrol dengan harga yang tinggi.

Apalagi, banyak masyarakat dunia yang mengagumi perusahaan teknologi ini. 

Jadi, ga heran nih kalo Apple sedang merilis produk terbarunya banyak masyarakat yang rela antri berjam-jam atau berlomba-lomba mengikuti open pre-order untuk mendapatkan barang tersebut.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah “kok bisa ya Apple sangat digandrungi oleh banyak orang?” 

Kamu pasti penasaran kan? untuk itu, simak penjelasan di bawah ini!

Strategi Marketing Yang Apple Terapkan

Apple memiliki strategi marketing yang unik dan berbeda dengan perusahan lainnya
www.expansion.com

Tau ga sobat MBN?!

Apple punya strategi marketing yang gak biasa loh sehingga banyak orang kepincut dengan berbagai produknya. Untuk itu, berikut penjelasannya:

1. Mengutamakan Nilai Keunikan Dibanding Harga

Dengan strategi “Think Different” nya, Apple ga pernah mau loh terjebak dalam persaingan harga pasar.

Steve Jobs selaku CEO Apple dan timnya berusaha untuk fokus mengembangkan produk untuk meningkatkan nilai keunikannya dari pada harus bersaing harga dengan kompetitor. 

Padahal, banyak juga loh yang bilang kalo harga Apple itu mahal. Namun, realitanya upaya ini menjadi salah satu strategi yang Steve Jobs gunakan untuk membangun sebuah product awareness.

Menurut mereka, dari pada pusing mikirin harga lebih baik jadiin hal tersebut menjadi suatu value nggak sih? Toh tetep aja kan konsumen akan beli kan?

2. Selalu Melakukan Inovasi Yang Berkelanjutan

Inovasi menjadi salah satu kunci kesuksesaan yang Apple terapkan dalam menjalankan bisnisnya loh!

Melalui misi ini Apple berusaha untuk menjawab berbagai kebutuhan pelanggan dengan cara selalu melakukan inovasi-inovasi baru. Contohnya saja, perkembangan saat ini Apple telah resmi merilis Iphone 14 loh..

3. Menerapkan Pola Continuously Ecosystem

Udah pake iphone, tapi pengen pake Ipad?

Abis itu butuh macbook deh.

Tapi kayaknya bakal ada yang kurang kalo ga sekalian pake Apple watch ya ga sih?

Ya memang seperti itu sebenernya strategi Apple untuk terus memenuhi keinginan dan kebutuhan para pelanggan sobat MBN!

4. Menyediakan Kenyamanan dan Keamanan Bagi Customer

Kalo kamu salah satu pengguna Iphone, pasti merasakan dong betapa terintegrasinya sistem keamanan Apple?

Nah, kenyamanan ini juga didukung juga oleh jumlah pengguna Iphone yang relatif lebih sedikit dari pada pengguna android.

Kalo kamu ga percaya, coba deh tanya temen kalian yang udah lama menggunakan iphone mau ga disuruh pindah menggunakan android?

5. Selalu Menjaga Hubungan Dengan Semua Pelanggannya

Sekarang ini, media sosial memungkinkaan pelanggan untuk mengungkapkan testimoni mereka tentang produk suatu perusahaan dengan berbagai cara.

Ternyata, Apple juga telah mengenali pentingnya hal tersebut loh dan mengarahkan pengembangan produknya agar sesuai dengan keinginan pelanggan. 

Selain itu, Apple juga secara rutin selalu memperbarui produknya dan menjalin komunikasi dengan pengguna melalui seminar dan berbagai event bersama pelanggan setiap kali meluncurkan produk terbaru. 

Hal ini membuktikan bahwa Apple memang memahami pelanggannya dengan baik.

Nah, kamu udah tau kan sobat MBN alasan mengapa produk Apple selalu laku terjual di pasaran? 

Bagi kamu yang ingin menggunakan strategi marketing seperti Apple ini untuk mengembangkan bisnis mu bisa banget loh  langsung melakukan konsultasi bersama MBN Consulting!