Belakangan ini, live streaming lagi viral banget nih jadi tempat untuk berjualan online loh Sobat MBN!
Di Indonesia sendiri, penjualan online live shopping sangat menjanjikan. Sehingga ga heran kalo banyak pelaku UMKM menggunakan fitur ini untuk jadi tempat jualannya.
Apalagi, berdasarkan penelitian Ipsos, 78% konsumen Indonesia mengetahui platform viral ini. Bahkan 71% telah mengaksesnya secara rutin.
Yang bikin ga disangka lagi nih ya, 56% orang dari survei ini mengakui pernah membeli produk melalui live streaming shopping selama pandemi terjadi.
Jadi, pasti kamu udah ga heran kan kalo trend live selling lagi jadi booming banget di kalangan masyarakat?
Apa itu Live Selling Shopping?
Live selling atau biasa dikenal dengan live streaming shopping adalah kegiatan berjualan
online dimana penjualnya akan menampilkan produk mereka langsung melalui live streaming di media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, atau Twitch.
Selama live streaming, penjual juga akan menjelaskan secara terperinci mengenai detail produk, berinteraksi dengan para penontonnya, menjual produk secara real time, bahkan memberikan diskon langsung kepada pembelinya loh!
Selain sangat interaktif, calon pembeli juga merasa puas karena bisa melihat detail produk dan mudah sekali cara membelinya.
5 Manfaat Live Selling Shopping Untuk Bisnis Masa Kini
Di era digital saat ini, metode penjualan terus mengalami perubahan dan perkembangan loh..
Terlebih lagi, trend live streaming shopping menjadi sangat populer digunakan banyak pengusaha sekarang ini untuk jadi ajang promosi dan menjual produk.
Berikut manfaat live selling shopping bagi para penjual produk:
1. Meningkatkan Brand Awareness Merek
Dengan menggunakan live selling shopping, pengusaha dapat meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek produknya loh.
Ketika sesi live streaming, penjual mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk mereka secara langsung kepada calon pembeli, menjelaskan keunggulan produk, dan menjawab pertanyaan secara real-time.
Tentu, tindakan ini membantu membangun kepercayaan dan kesadaran merek yang kuat di antara audiens.
2. Meningkatkan Interaksi Bersama Calon Pembeli
Live selling jadi ajang untuk meningkatkan interaksi langsung calon pembeli loh Sobat MBN!
Karena melalui metode ini, memungkinkan penjual untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, serta menawarkan rekomendasi produk langsung kepada para calon pembelinya.
Upaya ini ternyata menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal dan interaktif yang ga banyak orang sadari nih.
3. Meningkatkan Penjualan
Kamu tau ga?!
Metode live selling ini ternyata telah terbukti efektif dalam meningkatkan konversi penjualan.
Dalam sesi live streaming, penjual dapat menggambarkan produk secara detail, menunjukkan cara penggunaan, dan memberikan penawaran khusus atau diskon terbatas kepada calon pembeli.
Kehadiran langsung penjual ini juga memberikan kepercayaan ekstra kepada calon pembeli. Sehingga hal ini tentu berkontribusi pada peningkatan tingkat konversi penjualan.
4. Menghemat Budget Pemasaran
Live selling shopping adalah metode pemasaran yang relatif murah dibandingkan dengan iklan televisi atau kampanye pemasaran tradisional lainnya loh!
Kamu hanya perlu perangkat digital seperti ponsel atau kamera, dan akses internet untuk memulai sesi live streaming.
5. Memperluas Jangkauan Pasar
Dengan live selling shopping, pengusaha tidak terbatas pada lokasi geografis tertentu.
Mereka dapat mencapai calon pembeli di seluruh dunia yang terhubung dengan internet.
Hal ini membuka pintu bagi pengusaha untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas.
Dengan demikian, pengusaha dapat memanfaatkan peluang penjualan yang lebih besar dan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi tentunya.
Sekarang kamu udah tau dong seberapa potensialnya live streaming shopping untuk kamu gunakan di strategi pemasaran bisnis mu.
Nah, untuk kamu yang masih penasaran dengan berbagai macam strategi bisnis lainnya. Bisa langsung cek Instagram MBN Consulting ya!