Sobat MBN, apakah diantara kamu ada yang sedang ingin membangun bisnis?
Atau malah udah bangun bisnis tapi masih pusing cara kelolanya gimana?
Memang sih menjalankan bisnis itu ga mudah. Selain menguras tenaga dan pikiran, waktu mu bakal terkuras habis nih untuk memastikan segala urusan tetap sesuai dengan keinginan.
Tetapi nih ya, kamu pernah kepikiran ga sih gimana caranya agar bisnismu bisa terkelola secara lebih efektif dan efisien?
Nah, menariknya sekarang ini banyak loh berbagai aplikasi bisnis online yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu agar lebih lancar berbisnis.
Penasaran aplikasinya apa aja? yuk simak penjelasan di bawah ini sampai selesai ya!
5 Jenis Aplikasi Bisnis Online Buat Para Pengusaha
Lantas, kira-kira aplikasi apa aja nih yang harus dimiliki para pengusaha untuk mengelola bisnis online nya?
Oleh karena itu, berikut beberapa aplikasi yang wajib kamu unduh agar untuk memudahkanmu dalam menjalankan bisnis nih:
A. Software Point of Sales (POS)
Sederhananya, aplikasi POS ini dikenal sebagai could software yang memiliki kemampuan dalam mengelola, merekam, dan memantau suatu proses transaksi.
Tidak hanya dapat menyimpang uang saja, aplikasi ini juga bisa secara otomatis mengelola produk, pembayaran, dan perhitungan loh Sobat MBN!
Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli software jenis ini. Jangan lupa untuk perhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing mereknya ya!
Untuk itu, berikut rekomendasi merek software POS yang bisa kamu gunakan:
1) Moka
Moka adalah aplikasi POS kasir yang paling menyediakan kenyamanan dan kemudahan dalam pengoprasian bisnis.
Dengan aplikasi ini juga kamu bisa loh membantu pengembangan store bisnis offline mu karena Moca akan membantu kamu mencari data-data menarik dari transaksi sehingga memungkinkan kamu menjual produk lebih banyak lagi.
2) Pawoon
Pawon juga bisa loh menjadi salah satu pilihan merek bagi kamu yang membutuhkan POS application.
Platform ini mampu menyelesaikan berbagai solusi mulai dari menyediakan aplikasi kasir, laporan operasional, laporan inventori, laporan pendanaan, dan memudahkan proses pemesanan online buat bisnis mu!
3) Square Point of Sale
Square POS menyediakan solusi lengkap untuk berbagai jenis bisnis, termasuk ritel, restoran, dan usaha kecil lainnya.
Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur seperti manajemen inventaris, analisis penjualan, dan integrasi dengan sistem pembayaran.
B. Software Akuntansi
Software akuntansi adalah program komputer yang dirancang khusus untuk membantu pengelolaan dan pelaporan keuangan suatu bisnis loh.
Software ini tentu menyediakan fitur-fitur yang mempermudah proses pencatatan transaksi, manajemen data keuangan, pembuatan laporan keuangan, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan akuntansi.
Berikut beberapa rekomendasi software akuntansi yang bisa kamu gunakan untuk bisnis mu:
1) Jurnal by Mekari
Aplikasi Akuntansi karya Mekari ini adalah aplikasi khusus pembukuan multiguna yang memudahkan badan usaha untuk mengatur flow keuangannya.
Menariknya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat diinstal melalui handphone sehingga kamu bisa melakukan pencatatan keuangan dimanapun dan kapanpun.
2) Xero
Xero adalah software akuntansi cloud-based yang menggabungkan kemudahan penggunaan dengan fitur yang kuat.
Xero menyediakan pencatatan transaksi, pelacakan inventaris, pembuatan laporan keuangan, serta integrasi dengan bank dan sistem pembayaran.
3) Zoho Books
Zoho Books adalah software akuntansi online yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah.
Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pencatatan transaksi, manajemen inventaris, pelaporan keuangan, dan bisa loh diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya.
C. Aplikasi HRD
Aplikasi HRD (Human Resources Development) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengkoordinasikan berbagai aspek manajemen sumber daya manusia dalam suatu badan usaha nih.
Aplikasi HRD ini membantu perusahaan dalam memproses informasi terkait karyawan, termasuk pengelolaan data personal, catatan kehadiran, penggajian, manajemen kinerja, pelatihan dan pengembangan, serta manajemen cuti.
Berikut beberapa rekomendasi aplikasi HRD untuk bisnis kamu:
1) BambooHR
BambooHR adalah aplikasi HRD yang berfokus pada manajemen data karyawan. Menyediakan fitur-fitur seperti pengelolaan data karyawan, manajemen cuti, pelacakan kehadiran, serta pelaporan keuangan dan analisis HR.
2) Perfomate.id
Perfomate.id adalah aplikasi HRD yang mencakup berbagai aspek manajemen SDM. Menariknya, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur lengkap untuk mengukur key performance indicator para karyawannya nih.
Jadi perusahaan ga perlu bingung lagi untuk mengurus KPI!
3) ADP Workforce Now
ADP Workforce Now adalah aplikasi HRD yang dirancang untuk bisnis skala menengah hingga besar. Menyediakan fitur-fitur seperti manajemen data karyawan, penggajian, manajemen waktu dan kehadiran, serta manajemen kinerja.
D. Enterprise Resource Planning (ERP) System
ERP system adalah sistem perangkat lunak yang mengintegrasikan dan mengelola berbagai aspek operasional dan administratif dalam sebuah perusahaan.
ERP system membantu mengkoordinasikan fungsi-fungsi seperti manajemen sumber daya manusia, keuangan, logistik, produksi, penjualan, dan pengelolaan inventaris dalam satu platform terpusat.
Berikut adalah beberapa contoh ERP system yang umum digunakan:
1) SAP ERP
SAP ERP adalah salah satu ERP system yang paling terkenal dan umum digunakan di berbagai industri. Menyediakan modul-modul untuk berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, produksi, logistik, penjualan, dan manajemen sumber daya manusia.
2) Microsoft Dynamics 365
Microsoft Dynamics 365 adalah solusi ERP dan CRM yang terintegrasi dalam satu platform. Menyediakan modul-modul untuk manajemen keuangan, operasi, penjualan, layanan pelanggan, dan manajemen rantai pasokan.
3) Odoo
Odoo adalah platform open-source ERP yang menawarkan berbagai modul termasuk penjualan, keuangan, manufaktur, inventaris, sumber daya manusia, dan lainnya. Odoo menyediakan fleksibilitas dan kemampuan untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
E. Helpdesk
Jika kamu ingin memberikan pelayanan terbaik, helpdesk bisa loh jadi salah satu pilihan tepat untuk membangun relasi yang dekat dengan seluruh pelanggan bisnismu.
Karena software ini menarkan berbagai fitur menarik seperti respon chat otomatis, pembuatan tiket otomatis, laporan aktivitas pelayanan otomatis dan masih banyak lainnya.
Untuk itu, berikut beberapa aplikasi helpdesk yang bisa kamu pilih:
1) Zendesk
Zendesk adalah salah satu platform helpdesk yang populer. Menyediakan sistem manajemen tiket, pemantauan dan pelaporan masalah, manajemen pengetahuan, serta integrasi dengan berbagai saluran komunikasi seperti email, obrolan langsung, dan media sosial.
2) Freshdesk
Freshdesk adalah aplikasi Helpdesk yang menyediakan fitur-fitur seperti manajemen tiket, basis pengetahuan, manajemen SLA (Service Level Agreement), kolaborasi tim, dan integrasi dengan saluran komunikasi yang berbeda.
3) ServiceNow
ServiceNow adalah platform helpdesk yang menyediakan fitur-fitur manajemen tiket, pemantauan masalah, manajemen pengetahuan, manajemen aset, serta kemampuan untuk mengotomasi proses bisnis terkait dukungan pelanggan.
Jadi udah tau dong aplikasi apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan bisnis mu?
Nah, untuk kamu yang masih penasaran dengan berbagai informasi seputar bisnis lainnya. Bisa langsung cek Instagram MBN Consulting ya!