Istilah analisis SWOT mungkin sudah familiar terdengar. Metode analisis ini umum digunakan untuk menggali potensi terpendam, baik untuk diri sendiri, maupun untuk skala yang lebih luas seperti organisasi atau bisnis. Nah, jika kamu ingin menggali potensi bisnis atau menyusun kembali strategi bisnis demi menguatkan performa, kamu bisa menggunakan metode analisis SWOT sebagai alat bantu. Analisis SWOT akan mengarahkanmu pada potensi dan peluang bisnis yang bisa diraih. Bagaimana cara melakukan analisis SWOT untuk bisnis? Berikut penjelasan selengkapnya!
Apa Itu Analisis SWOT?
SWOT adalah singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threats (ancaman). Seperti namanya, metode ini digunakan sebagai alat evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang timbul dalam suatu bisnis. Poin-poin tersebut sudah mewakili faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi bisnis.
Komponen Analisis SWOT
Berikut ini merupakan penjelasan mengenai masing-masing komponen SWOT untuk menggambarkan secara lebih jelas apa yang sebetulnya ingin dicapai dengan melakukan analisis ini
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan adalah aspek positif yang membedakan bisnis kita dari pesaing. Kekuatan ini selalu dilihat dari hasil perbandingan dengan kompetitor. Misalnya seperti keunggulan produk atau layanan, reputasi yang baik, tim yang kompeten, mitra atau partner bisnis yang menguntungkan, hingga efisiensi proses bisnis yang menguntungkan. Nah, segera cek bisnismu dan kompetitor, apa yang membuatmu lebih unggul?
2. Kelemahan (Weaknesses)
Kelemahan merupakan kekurangan yang datang dari internal perusahaan. Kelemahan berpotensi menghambat pertumbuhan bisnis. Misalnya kekurangan sumber daya manusia, tim yang belum berpengalaman, kurangnya inovasi, dan posisi yang lemah di industri.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang dapat dilihat dari situasi eksternal di luar bisnis atau perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas bisnis. Misalnya seperti perubahan tren pasar atau perkembangan teknologi baru, hingga peluang kerjasama dengan partner.
4. Ancaman (Threats)
Selain peluang, ancaman juga dapat diidentifikasi dari faktor eksternal atau yang berasal dari luar perusahaan. Ancaman tentunya memiliki potensi besar dalam menghambat perkembangan bisnis. Beberapa faktor eksternal yang bisa muncul adalah persaingan yang ketat, perubahan tren dan selera pasar, perubahan regulasi pemerintah, hingga krisis ekonomi.
Cara Melakukan Analisis SWOT untuk Bisnis
Supaya analisis dan evaluasi bisa diterapkan pada bisnis, kamu bisa mencermati langkah-langkah berikut sebagai cara melakukan analisis SWOT untuk Bisnis:
1. Kekuatan (Strengths)
- Identifikasi keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan bisnis, seperti kualitas, keunikan, atau keunggulan kompetitif.
- Tinjau keahlian dan pengalaman tim yang mendukung bisnis, seperti keahlian teknis atau kreativitas.
2. Kelemahan (Weaknesses)
- Tinjau aspek bisnis yang perlu ditingkatkan, misalnya kurangnya sumber daya finansial atau kekurangan dalam operasional.
- Evaluasi kelemahan internal yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis, seperti kurangnya pemasaran yang efektif atau sistem manajemen yang lemah.
3. Peluang (Opportunities)
- Analisis tren pasar dan perkembangan industri terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis, seperti permintaan yang meningkat atau perubahan kebijakan pemerintah.
- Perhatikan segmen pasar yang belum terpenuhi atau kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi untuk menemukan peluang bisnis baru.
4. Ancaman (Threats)
- Tinjau persaingan di pasar dan identifikasi pesaing utama serta strategi mereka.
- Perhatikan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi bisnis, seperti perubahan regulasi atau perubahan tren konsumen.
Dengan melakukan analisis SWOT ini, kamu bisa memperoleh wawasan yang lebih baik tentang posisi bisnismu di pasar, sehingga bisa mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mencapai kesuksesan.
Baca Juga: Apa Itu Bisnis Model Canvas dan Bagaimana Cara Membuatnya?
Yuk, raih peluang sukses untuk bisnismu dengan meningkatkan performa bisnis bersama MBN Consulting!
MBN Consulting memberikan kemudahan bisnis melalui layanan konsultasi dan perencanaan bisnis untuk laporan keuangan, legalitas, pemasaran, dan performa bisnis.
MBN Consulting juga bekerjasama dengan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu pendampingan dan pengembangan UMKM Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.
Dapatkan kemudahan melalui layanan yang kami berikan mulai dari Rp1,2 juta per bulan! Tertarik untuk mengetahui layanan lainnya? Konsultasi sekarang, GRATIS!