Memanfaatkan ilmu psikologi dalam marketing ternyata bisa membuatmu meraih peningkatan penjualan bisnis, lho!. Salah satunya dengan menerapkan strategi pemasaran decoy effect yang mampu memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.
Mungkin kamu juga sudah akrab dengan upaya marketing yang satu ini. Saat kamu membeli minuman dari kedai kopi favorit, biasanya ada yang menawarkan kopi dalam tiga ukuran gelas. Tujuannya jelas untuk memberikan pengaruh kepada konsumen agar memilih opsi terbaik.
Nah, itulah yang disebut dengan decoy effect. Namun, bagaimana strategi ini bisa diterapkan dalam bisnis kamu? Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut!
Apa Itu Decoy Effect?
Decoy effect adalah strategi pemasaran yang bisa dibilang cukup cerdas. Strategi ini memunculkan opsi ketiga sebagai umpan untuk mengarahkan persepsi konsumen di antara dua pilihan utama. Jadi, tidak heran jika pemasaran jenis ini juga dikenal sebagai strategi umpan.
Saat menggunakan strategi ini, penjual akan menghadirkan pilihan tambahan yang sebenarnya kurang menguntungkan bagi konsumen, sehingga tidak begitu diminati. Penawaran tersebut dibuat untuk membuat pilihan utama terkesan lebih menarik.
Decoy effect sebetulnya memiliki tujuan utama untuk membantu konsumen membuat keputusan yang lebih baik dengan memberikan perbandingan yang jelas antara pilihan yang tersedia.
Namun, namanya strategi marketing, tentu tidak hanya bertujuan untuk menguntungkan pelanggan, namun juga penjual. Manfaat yang bisa diperoleh penjual adalah meningkatnya angka penjualan untuk produk yang sudah ditargetkan untuk terjual lebih banyak.
Di mana kita bisa menemukan strategi pemasaran ini? Jika diingat-ingat kembali, banyak gerai atau bisnis yang menerapkannya, lho! Kamu pun juga setiap hari mungkin terpapar strategi ini.
Misalnya saat membeli kentang goreng atau popcorn yang tersedia dalam tiga ukuran; small, medium, dan large. Biasanya, opsi tengah adalah opsi yang digunakan sebagai umpan untuk membuat opsi pertama atau ketiga terlihat lebih baik. Opsi tengah tersebut terlihat tidak sepadan dua opsi lainnya, terutama dari selisih harga.
Bagaimana Cara Kerja Decoy Effect?
Cara kerja decoy effect adalah dengan menawarkan beberapa pilihan produk dengan memainkan selisih harga antara produk yang ditawarkan. Penawaran ini biasanya juga akan diikuti oleh bujuk rayu untuk mendorong konsumen membeli opsi utama
Contohnya adalah penjualan segelas kopi di coffee shop yang tersedia dalam dua pilihan ukuran utama:
- Ukuran small seharga Rp25,000
- Ukuran large seharga Rp35,000
Melihat perbedaan harga dan benefit yang cukup jauh, maka pelanggan cenderung lebih memilih ukuran small dengan harga yang jauh lebih murah, sesuai dengan kebutuhan mereka.
Nah, di sinilah trik psikologi marketing decoy effect bisa kamu terapkan untuk memberikan pengaruh pada keputusan pembelian pelanggan. Maka, jenis ukuran cup yang ditawarkan akan jadi seperti ini:
- Ukuran small Rp. 25,000
- Ukuran medium Rp. 30,000
- Ukuran large Rp. 35,000
Pilihan kedua dimasukkan sebagai umpan agar konsumen berpikir bahwa pilihan kedua adalah opsi tanggung. Opsi ketiga, yaitu coffee dengan ukuran cup yang lebih besar tiba-tiba terlihat lebih menguntungkan. Kebanyakan orang akan memilih ukuran large karena mereka merasa mendapatkan nilai lebih dengan selisih harga yang tidak begitu jauh.
Jadi, decoy effect bekerja dengan memanipulasi persepsi nilai dan mempengaruhi pemikiran konsumen. Strategi ini sering digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan tertentu dengan mengarahkan pilihan konsumen. Menarik, bukan?
Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Decoy Effect?
Menerapkan strategi cerdik yang satu ini dapat dilakukan dalam beberapa langkah berikut.
1. Mengidentifikasi Jenis Produk atau Layanan
Kamu wajib mengetahui jenis produk atau layanan yang berpotensi meningkatkan penjualan. Setelah itu, pilih produk yang kira-kira bisa ditawarkan dalam beberapa varian opsi agar konsumen bisa memilih dan membandingkan sendiri mana yang lebih menguntungkan buat mereka.
2. Buat Umpan yang Kurang Menarik
Nah, langkah ini adalah penentu yang mempengaruhi cara konsumen melihat value dari produk atau layanan bisnismu. Untuk itu, penting memilih opsi yang kurang menarik untuk dijadikan umpan agar pilihan utama terlihat menonjol. Jadi, jika kamu ingin mempromosikan paket A dengan harga Rp. 50.000, buatlah umpan dengan paket B yang memiliki value yang kurang menarik, namun dengan harga yang berbeda tipis atau bahkan sama.
3. Berfokus pada Pilihan Utama
Cara menerapkan strategi pemasaran decoy effect selanjutnya adalah dengan berfokus pada pilihan utama. Kamu bisa memberikan informasi yang jelas mengenai perbandingan produk dan layanan untuk membantu mengarahkan pilihan konsumen. Mereka pun justru akan merasa terbantu karena penjual telah memudahkan mereka membuat keputusan pembelian.
4. Evaluasi Hasil
Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana reaksi pelanggan terhadap pilihan decoy yang kamu hadirkan. Apakah ada peningkatan dalam pembelian atau minat terhadap pilihan utama, atau justru hasilnya malah tidak sesuai ekspektasi dan tujuan pemasaran. Kemudian, evaluasi hasil tersebut untuk mengetahui apakah metode ini cocok diterapkan dalam bisnismu.
Namun, kamu juga perlu mencatat bahwa menggunakan strategi pemasaran decoy effect harus mengutamakan transparansi dan etika. Jangan munculkan opsi decoy yang mengarahkan pada penipuan atau merugikan konsumen. Terapkanlah dengan bijak agar bisnis kamu tetap mampu meningkatkan penjualan sesuai target.
Baca Juga: 9 Sumber Modal Usaha untuk Para Pebisnis
Selain meningkatkan penjualan, strategi pemasaran juga berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jadi, kamu wajib mencoba dan terus mengevaluasi strategi yang pas untuk bisnis kamu. Untuk mendapatkan saran bisnis dan pemasaran yang tepat, kamu dapat melibatkan pihak ketiga seperti konsultan bisnis untuk mengurangi risiko kesalahan sehingga dapat meningkatkan potensi keberhasilan bisnis.
Kamu bisa berkonsultasi terkait permasalahan bisnis kamu bersama MBN Consulting. Nikmati kemudahan lainnya dalam mengelola bisnis dengan menggunakan layanan jasa laporan keuangan, pajak, dan legalitas by MBN Consulting untuk meningkatkan efektivitas bisnis dan mempercepat transisi bisnis kamu.
Untuk melihat layanan lainnya yang kami tawarkan, silakan klik tombol berikut.