Call To Action atau CTA, merupakan suatu istilah dalam dunia pemasaran yang digunakan oleh pemasar sebagai acuan pada konten seperti gambar, tombol, teks, atau pernyataan yang bertujuan guna menggiring konsumen untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Tindakan-tindakan ini umumnya diarahkan dalam bentuk instruksi atau ajakan yang menggunakan kata kerja tindakan seperti, “daftar sekarang juga”, “klik di sini”, “subscribe sekarang”, dan lain-lain. Call To Action juga dapat dipergunakan untuk mengarahkan konsumen ke langkah berikutnya dari proses penjualan.
Terus apa keuntungan yang didapat pebisnis dengan ngegunain Call To Action?
- Meningkatkan Leads Beberapa CTA dapat digunakan untuk mengumpulkan data atau kontak dari calon konsumen yang di kemudian hari dapat digunakan untuk melakukan kegiatan hard-selling ataupun soft-selling. Data dari calon konsumen yang dikumpulkan juga dapat digunakan sebagai bentuk promosi khusus langganan atau member yang dapat meningkatkan minat calon konsumen untuk mendaftarkan diri.
- Meningkatkan Konversi Ada pula CTA yang mengarahkan calon konsumen atau memberikan informasi yang dapat mempersuasi calon konsumen untuk segera melakukan pembelian, sehingga mengubah status para calon konsumen menjadi konsumen.
- Mempermudah Konsumen CTA juga dapat digunakan untuk memberikan pengarahan bagi konsumen yang memerlukan informasi lebih terhadap produk/jasa yang ditawarkan ataupun terhadap merek itu sendiri, dapat juga digunakan untuk membantu pengarahan calon konsumen yang tidak mengerti dengan tata cara pendaftaran atau pembelian.
Call To Action dapat dipergunakan untuk beragam hal dan dapat disesuaikan dengan berbagai situasi yang dibutuhkan oleh pengusaha, apabila pembaca masih kebingunan maka pembaca sekalian segera hubungi MBN Consulting dan berkonsultasi.