Marketing atau pemasaran adalah salah satu kegiatan yang krusial dalam berbisnis, karena tanpa adanya kegiatan pemasaran maka masyarakat tidak akan pernah mengetahui akan eksistensi dari produk atau jasa suatu merek yang kemudian akan berimbas pada tidak adanya produk atau jasa yang dapat dijual.
Dalam memasarkan suatu produk atau jasa tidak hanya dapat dilakukan dengan satu atau dua cara saja, melihat saat ini penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 200 juta jiwa yang berarti sebagai pemasar harus bisa memaksimalkan teknik-teknik pemasaran untuk menjangkau pasar yang luas. Beruntungnya era saat ini sudah menuju era digital dan hampir 90% dari masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap internet, menjadi pemasaran digital sebagai salah satu saluran pemasaran yang perlu diperhatikan saat ini.
Digital marketing atau pemasaran digital hanyalah sebuah saluran yang di dalamnya terdapat banyak teknik yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau pemasar dalam kegiatan pemasaran, beberapa teknik pemasaran digital yang saat ini tengah digemari oleh konsumen dan pemasar di antara lain adalah:
Omnichannel Marketing Ini adalah teknik pemasaran yang menggunakan berbagai bahkan semua platform atau saluran pemasaran yang ada, baik platform digital seperti sosial media hingga platform tradisional seperti surat kabar. Pesan dan citra yang ingin disampaikan oleh pemasar dalam teknik ini haru memiliki keselarasan atau kesamaan sehingga merek yang dipasarkan dinilai konsisten dan tidak membingungkan calon konsumen. Teknik omnichannel dapat menggaet pangsa konsumen dari berbagai lini dimulai dari pembeli yang terbiasa melakukan transaksi digital hingga pembeli yang terbiasa melakukannya secara tradisional, hal ini juga dapat memudahkan calon konsumen untuk menemukan merek yang dipasarkan dan meningkatkan engagement karena apa yang dipasarkan dapat ditemui di mana saja.
User Generated Content User Generated Content atau UGC merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan konsumen untuk membuat konten terkait produk atau jasa yang dijajakan sesuai kemampuan dan kreativitas para konsumen. Beberapa UGC yang dapat dibuat oleh konsumen adalah cerita singkat dalam bentuk teks atau bahkan video terkait pengalaman para konsumen dengan produk atau jasa yang mereka beli atau gunakan, teknik ini memunculkan rasa kepercayaan antara calon konsumen dengan merek karena bentuk review dinilai lebih jujur karena berdasar pada pengalaman pribadi sesama konsumen dan bukan bintang iklan yang dibayar. Teknik UGC lainnya adalah dengan mendorong konsumen untuk membuat konten promosi bagi suatu merek dengan menjanjikan hadiah bagi konsumen terpilih, teknik ini juga memberikan ruang bagi konsumen untuk saling berinteraksi yang bahkan memberikan kritik atau saran bagi merek terkait.
Location Based Marketing Pemasaran berbasis lokasi atau biasa disebut Geofencing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi lokasi atau GPS dan dalam beberapa kasus memanfaatkan teknologi wifi, sehingga ketika ada calon konsumen yang berada pada area tertentu atau menyambungkan alat elektroniknya pada wifi tertentu maka akan memunculkan berbagai macam promosi seperti pesan text, email, atau bahkan notifikasi pada alat elektronik yang dipergunakan.
Quality Content Konten yang berkualitas adalah salah satu kunci untuk menggaet calon konsumen dan dalam menciptakan konten yang berkualitas dapat diciptakan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah dengan membuat konten yang dapat menyentuh perasaan emosional dari calon konsumen sehingga dapat mempersuasi calon konsumen untuk melakukan transaksi dengan menyentuh hati. Konten kualitas lain adalah dapat dengan membuat konten yang tidak hanya menarik tetapi juga interaktif yang dapat mengajak calon konsumen untuk lebih terlibat dan merasa adanya keterikatan dengan merek.
Video Marketing Promosi dalam format video pada era saat ini sudah sangat berbeda jauh dengan zaman dahulu, di mana diperlukan sebuah tim khusus untuk produksi dan perlu sejumlah usaha agar video yang telah dibuat dapat ditayangkan di televisi. Saat ini video promosi dapat dihasilkan dengan menggunakan kamera hp dan saat ini dapat dibilang minat masyarakat untuk mengkonsumsi video terutama video pendek cukup besar, terlihat dari ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk mengunggah video-video yang telah dibuat secara gratis.
Live Marketing Salah satu tren pemasaran yang saat ini cukup digemari juga adalah pemasaran secara langsung pada beberapa platform sosial media, dengan teknik ini satu atau dua pembawa acara akan melakukan demo atau penjabaran terkait produk atau jasa yang sedang ditayangkan lalu pada saat yang bersamaan juga penonton dapat melakukan interaksi dengan pemandu acara dan bahkan dapat melakukan pembelian secara langsung. Social Media Marketing/Influencer & Buzzer Media sosial di era digital saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, sehingga penggunaan sosial media sebagai bentuk pemasaran sudah menjadi pilihan yang tidak memungkinkan untuk tidak dipilih. Media sosial dapat digunakan untuk banyak hal dimulai dari membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, hingga membangun citra merek. Semua hal tersebut dapat dicapai dengan memanfaatkan konten di sosial media serta dengan penggunaan tokoh-tokoh sosial media atau yang biasa disebut sebagai influencer atau buzzer. Penggunaan influencer pun dapat dicapai dengan berbagai cara seperti endorsement, affiliate marketing, dan lain-lain. Viral Marketing
Teknik berikut memanfaatkan berbagai hal yang viral atau sedang menjadi bahan pembicaraan pada periode tertentu mulai dari hal-hal populer, sosial, hingga politik untuk menjadi bahan topik promosi.