5 Bisnis Kuliner Selebgram Indonesia, Sudah Coba Semua?

bisnis kuliner selebgram Fadil Jaidi yang diberi nama traffic bun (instagram.com/trafficbun.id)

Selebriti Instagram atau yang juga dikenal sebagai influencers, seringkali memanfaatkan popularitas mereka untuk membangun bisnis. Salah satu industri yang sering dilirik adalah bisnis kuliner dengan konsep yang unik dan rasa yang lezat. Bisnis kuliner dipilih karena merupakan kebutuhan dasar banyak orang. Tidak heran, bisnis kuliner selebgram ini biasanya sukses karena mereka pun memiliki basis penggemar yang besar. 

Di antara deretan selebgram atau influencers yang memiliki bisnis kuliner, mungkin salah satunya adalah idola kamu yang sering kamu lihat update-annya di media sosial! Penasaran siapa saja? Berikut rangkumannya!

Bisnis Kuliner Selebgram Indonesia Terkenal

Selebriti internet atau influencers dengan popularitas, membuat mereka langsung mengambil peluang tersebut untuk berbisnis. Apa saja bisnis kuliner yang lahir dari para selebgram dan influencers ini? Yuk, kita intip sama-sama!

1. Sambal Bakar – Iben 

Bisnis kuliner yang diberi nama Sambal Bakar ini, dimiliki oleh seorang content creator Instagram dan TikTok, Benjamin Master Adhisurya atau yang lebih dikenal dengan nama Iben Ma. 

Bisnis kuliner yang menyajikan produk sambal ini sebetulnya baru saja dibuka pada Juli 2022 lalu. Namun, viralnya bisnis ini di media sosial dengan ribuan review positif yang diperoleh dari pelanggan, membuatnya langsung meraih sukses besar dan melakukan ekspansi dengan bantuan modal investor. 

Target bisnis Sambal Bakar dalam jangka panjang adalah mendirikan 500 outlet di seluruh Indonesia dan kawasan Asia Tenggara dengan sistem operasional yang terstandarisasi. Target ini juga diharapkan dapat membuat makanan Indonesia bersaing secara global dan menjadi market leader dari brand-brand global tersebut.

2. Traffic Bun – Fadil Jaidi

Saat ini, makin banyak burger lokal bermunculan, salah satunya dari bisnis kuliner selebgram Fadil Jaidi. Ia mengembangkan Traffic Bun dengan menjalankan sistem franchise yang bisa dibeli dengan modal relatif terjangkau.

Fadil Jaidi disukai publik lewat konten-konten kocak yang menghibur di Instagram bersama keluarganya, terutama sang ayah. Sehingga, dengan basis penggemar yang sudah terbentuk, bisnis Traffic Bun akan lebih mudah dalam menjangkau pelanggan dan memudahkan proses branding.

Traffic Bun pertama kali dibuka di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Maret 2021. Hingga saat ini, dilansir dari Instagram resmi Traffic Bun @trafficbun.id, mereka sudah memiliki kurang lebih 29 outlet di Indonesia. 

3. Street Boba dan Gildak – Jovi Adhiguna

Street Boba dan Gildak adalah bisnis kuliner milik selebgram sekaligus YouTube influencers Jovi Adhiguna. Jovi adalah influencers dikenal publik lewat konten-konten beauty, fashion, dan lifestyle. Street Boba sendiri merupakan brand minuman boba yang dimulai Jovi pada tahun 2020.

Berbeda dengan brand minuman boba lainnya, Street Boba mengusung tema pop kultur Jepang, mulai dari maskot, dekorasi tempat, menu, hingga cita rasa yang memberikan nuansa Jepang kepada pelanggannya. 

Sukses dengan Street Boba yang mengusung tema pop kultur Jepang, Jovi Adhiguna kembali berinovasi meramaikan bisnis bernuansa Korea di Indonesia dengan bisnis kuliner bernama Gildak. Gildak merupakan kedai snack atau jajanan khas Korea dengan cita rasa khas asli Negeri Gingseng tersebut. Menu-menu yang dihadirkan pun cukup bervariasi, mulai dari odeng, tteokbokki, hingga menu baru hasil kolaborasi dengan public figure lainnya. 

4. Rame-yan – Keanu Angelo

Makanan khas Jepang sepertinya memang sedang tinggi peminat dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Mungkin inilah yang menjadi alasan selebgram Keanu Angelo atau Keanu Agl membuka bisnis ramen yang diberi nama Rame-yan. 

Sama seperti usaha kuliner milik Fadil Jaidi dan Jovi Adhiguna, Keanu turut berkolaborasi dengan Nikmat Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang FnB. Keanu mendirikan gerai pertamanya pada Januari 2023 di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Rame-yan menawarkan menu ramen yang cukup variatif seperti Tantan Rameyan, Hot Spicy Rameyan, Shoyu Rameyan, Curry Rameyan, dan Original Rameyan.

Alasan lain mengapa Keanu memutuskan memilih bisnis kuliner ramen ala Jepang adalah karena ia juga menyukai makanan tersebut. Sama seperti namanya, Rame-yan, konsep restoran milik Keanu adalah ‘rame-rame’ yang artinya bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Sehingga, Rame-yan memiliki area yang cukup luas dan mampu menampung banyak pelanggan.

5. Ngikan Yuk – Niko Al Hakim dan Rachel Vennya

Niko Al Hakim atau yang lebih dikenal dengan Okin, memulai bisnis pertamanya yaitu Sate Taichan Goreng bersama mantan istri sekaligus partner bisnisnya, Rachel Vennya. Keduanya merupakan selebgram atau influencers ternama dengan basis penggemar yang cukup luas. Dari sana, keduanya terus mengembangkan berbagai bisnis di industri kuliner salah satunya Ngikan Yuk.

Seperti namanya, Ngikan Yuk merupakan restoran dengan menu olahan ikan goreng fillet yang disajikan bersama nasi dan pilihan sambal bervariasi. Beberapa menu yang menjadi andalan adalah ikan sambal matah, ikan saus acar kuning, dan ikan saus oseng mercon.

Bisnis Ngikan Yuk dijalankan dengan sistem franchise atau waralaba, yang membuat outlet Ngikan Yuk tersebar dengan sangat cepat di berbagai daerah di Indonesia semenjak dibuka pada 2019 lalu. Kamu sudah pernah coba kuliner selebgram yang satu ini, belum?

Mengapa Bisnis Kuliner Selebgram Menarik?

Bisnis kuliner memang merupakan salah satu industri yang menarik perhatian. Bahkan, bisnis kuliner mampu menjadi tren dengan menghadirkan jenis-jenis makanan unik dan terbaru. Peluang sukses dalam bisnis kuliner pun terbuka lebar karena makanan adalah salah satu kebutuhan dan favorit banyak orang.

Salah satu yang membuat bisnis kuliner menarik, selain dari inovasi makanan atau konsep bisnisnya adalah para pemilik bisnis kuliner tersebut yang merupakan seorang selebriti di media sosial. Media sosial memang memiliki peran besar dalam mempromosikan bisnis untuk memperluas jangkauan pelanggan. Oleh sebab itu, para influencers Instagram ini langsung mengambil peluang bisnis tersebut dengan memanfaatkan popularitas mereka untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya. 

Meski begitu, seperti industri bisnis lainnya, bisnis kuliner pun memiliki tantangan yang harus dihadapi. Terkadang, mengandalkan popularitas pemilik saja tidak membuat sebuah bisnis dapat bertahan lama. Perlu pengelolaan maksimal dalam menjalankannya.agar tetap bertahan dan selalu berkembang.

Baca Juga: 10 Tips Merintis Bisnis Kuliner, Pahami Sebelum Mulai!

Jadi, apakah kamu juga tertarik punya bisnis kuliner ala selebgram di atas yang meraih sukses besar dan mampu ekspansi bisnis dengan sistem franchise? Jangan sampai kamu melewatkan banyak kesempatan baik untuk memulai bisnis kuliner, ya!

Kamu bisa mendapatkan bantuan layanan terbaik terkait sistem operasional bisnis bersama MBN Consulting. MBN Consulting telah berpengalaman menangani berbagai klien dan mitra kerja, terutama di bidang kuliner. Sebut saja Holycow! Group dan Sour Sally Group yang sudah lebih dulu mempercayakan penanganan operasional bisnis mereka bersama MBN Consulting.

Tertarik untuk mengetahui layanan lainnya dari kami? Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.