8 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja, Yuk Terapkan!

meningkatkan produktivitas kerja bisa mudah jika tahu caranya

Produktif dalam bekerja berarti melakukan pekerjaan secara efektif sehingga dapat selesai tepat waktu dengan hasil maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas kerja, ada beberapa hal yang umum dilakukan. Contohnya menetapkan target dan batasan jam kerja, kemudian menuliskannya pada buku catatan.

Namun, cara tersebut tidak selalu berjalan sesuai rencana. Seringkali kita terdistraksi dan tidak fokus. Oleh karena itu, kamu perlu melatih kebiasaan tersebut dan meningkatkan kedisiplinan. Sebab, membangun cara ini memang tidak instan. Yuk, simak cara meningkatkan produktivitas dalam bekerja dari MBN Consulting di bawah inI!

Apa Itu Produktivitas Kerja?

produktivitas kerja dapat dilihat dari proses kerja yang berbanding lurus dengan hasil (freepuk.com/benzoix)

Produktivitas kerja adalah perbandingan antara kualitas hasil kerja dengan kuantitasnya. Dengan kata lain, produktivitas kerja berarti mengukur dari seberapa banyak usaha atau input yang dilakukan untuk suatu tugas terhadap output atau hasil dari tugas tersebut.

Input tersebut dapat dilihat dari berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam proses kerja yang dilakukan. Selain itu, juga dapat dilihat dari efektivitas penggunaan sumber daya secara maksimal untuk mencapai hasil atau output yang diinginkan. Sementara, output adalah hasil dari proses kerja yang dilakukan yang dihitung berdasarkan kuantitas dan kualitas tertentu. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa produktivitas kerja berarti memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki secara maksimal. Mulai dari kemampuan dan skill, hingga waktu kerja, untuk digunakan dalam proses kerja. Proses kerja tersebut diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

meningkatkan produktivitas dalam bekerja dapat dimulai dari menentukan target yang ingin dicapai (freepik.com/rawpixel.com)

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Praktikkan, yuk!

1. Menetapkan Target atau Tujuan

Sebelum memulai pekerjaan, kamu dapat menetapkan target atau tujuan yang ingin dicapai. Target ini dapat kamu tentukan sehari sebelum hari kerja agar kamu memiliki waktu untuk menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Target ini berisi hal apa saja yang ingin diselesaikan dan pencapaian seperti apa yang kamu harapkan di pekerjaanmu.

Tetapkan target yang realistis agar kamu dapat mencapainya tepat waktu saat jam kerja selesai. Target juga dapat membantu kamu fokus dan tetap berada pada jalur kerja yang sesuai. Kamu akan terhindar dari multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu yang berpotensi menyebabkan pekerjaanmu tidak ada yang selesai karena dikerjakan secara bersamaan.

2. Membuat To-Do List

To-do list berisi daftar rincian dari hal-hal yang harus kamu kerjakan untuk mencapai target kerjamu. Daftar ini dibuat dan diurutkan sesuai dengan prioritas pekerjaan yang harus selesai. Untuk memudahkanmu, kamu juga bisa membuatnya secara spesifik dalam poin-poin yang jelas.

Saat membuat to-do list, pastikan kamu tidak memaksakan diri untuk menyelesaikan banyak hal dalam satu hari. Fokus pada target yang sudah kamu tetapkan agar kamu bisa fokus mengerjakannya satu per satu hingga selesai.

3. Menyiapkan Diri 

Sebelum bekerja, kamu bisa mengawali hari dengan beres-beres dan menyiapkan diri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan diri sebelum bekerja adalah:

  • Minum segelas air putih saat bangun tidur untuk meningkatkan hidrasi tubuh agar semakin lancar beraktivitas di pagi hari, 
  • Sisihkan waktu 15-30 menit untuk beribadah, bermeditasi, atau mengucapkan afirmasi agar lebih positif memulai hari,
  • Lakukan latihan peregangan atau olahraga ringan agar tubuh lebih siap dan bugar saat memulai aktivitas,
  • Jangan lupa untuk merapikan kamar tidur atau ruangan di tempat kamu bekerja,
  • Hindari segala hal yang berpotensi mendistraksi pekerjaanmu, seperti ponsel atau sumber keributan lain,
  • Usahakan untuk sarapan dengan asupan yang cukup dan seimbang,
  • Jika diperlukan, kamu dapat mengonsumsi kopi untuk menghindari rasa kantuk dan membuatmu semakin fokus.

4. Menyiapkan Area Kerja yang Nyaman

Area kerja adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas kerja. Area kerja yang kondusif, tentunya dapat mendukung kamu untuk lebih fokus dan berkonsentrasi. Seperti menyiapkan segala kebutuhanmu seperti meja kerja dan kursi kerja yang nyaman, alat tulis yang memadai, dan dokumen-dokumen yang sudah dirapikan. 

Sisihkan waktumu 10-15 menit untuk menata area kerja agar lebih nyaman ditempati. Sortir kebutuhan kerja, dokumen, peralatan, atau alat tulis agar lebih rapi sehingga mudah ditemukan. Usahakan area kerja bebas dari segala hal yang berpotensi memecah distraksi dan mengganggu fokus. 

5. Menghindari Multitasking

Multitasking adalah hal yang wajib dihindari saat kamu ingin lebih produktif dalam bekerja. Alih-alih menyelesaikan tugas, kamu hanya akan kewalahan dan berakhir kehilangan fokus. Hal ini akan membuatmu menelantarkan semua tugas yang sudah dimulai karena tidak satu pun yang bisa selesai dikerjakan akibat digarap secara bersamaan.

Untuk itulah kamu harus menetapkan target kerja yang realistis terlebih dahulu. Kemudian, diikuti dengan membuat to-do list atau hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Saat dua hal tersebut sudah dilakukan, maka kamu jadi lebih fokus dan terhindar dari multi pekerjaan sekaligus.

6. Sadari Ketika Memerlukan Bantuan

Saat kamu merasa beban pekerjaan terlalu banyak dan kamu mulai kelelahan, jangan ragu untuk meminta bantuan. Baik ke rekan kerja jika di kantor, ke anggota keluarga, atau meminta bantuan pekerja lepas dan pekerja paruh waktu untuk menyelesaikannya untukmu. Sadari bahwa kamu membutuhkan bantuan tersebut agar pekerjaanmu tidak menumpuk dan menjadi sumber stres.

Kamu bisa meminta bantuan untuk mengerjakan pekerjaan kecil atau yang bukan prioritas, namun jika tidak diselesaikan akan mengganggu aktivitas yang lain. Misalnya seperti pekerjaan membersihkan rumah, memperbaiki sesuatu yang rusak, merapikan data-data penting, dan lain sebagainya.

7. Membangun Kebiasaan Produktif

Untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja, kamu perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik. Produktivitas tidak dapat dicapai secara instan. Membangun kebiasaan dibutuhkan usaha berkelanjutan dan dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, jika ingin produktivitas yang kamu lakukan tetap terjaga, maka kamu harus menjaga konsistensi.

Ketahui juga, hal-hal apa saja yang dapat mendukung kebiasaan produktif. Selain dengan mengikuti tips dan arahan di atas, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Tidak bermain ponsel dan mengulur-ulur waktu di jam kerja, 
  • Mengetahui kegiatan dan aktivitas yang menjadi prioritas, 
  • Mengerjakan dan menyelesaikan semua hal penting di awal waktu.
  • Menyisihkan waktu untuk menjadwalkan hal penting, merapikan tugas-tugas, dan membuat daftar pekerjaan. 

8. Beristirahat 

Beristirahat adalah bagian terpenting dari bekerja. Produktivitas yang dilakukan dalam jangka panjang, tentu saja membutuhkan kondisi fisik yang optimal. Kamu dapat beristirahat selama 2-3 menit setelah 30 menit bekerja dengan fokus. Gunakan waktu yang singkat tersebut untuk menyegarkan kembali pikiran dan melakukan peregangan.

Kamu juga bisa memilih untuk tidur siang selama 20-30 menit pada jam istirahat. Kegiatan ini disebut juga dengan power nap, di mana tidur siang yang singkat tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja setelahnya. Jangan lupa juga untuk mencukupkan istirahatmu di malam hari agar tidak mudah lelah saat bekerja di siang hari. Saat lelah, kamu akan sulit berkonsentrasi dan menggagalkan produktivitas harian.

Aktivitas harian yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja, tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu perlu membangun kebiasaan produktif tersebut secara terus-menerus. Jika sudah memiliki pola dan kebiasaan yang teratur, kamu akan lebih mudah dalam mencapai target dan mencapai hasil yang positif. Selamat menerapkan tips di atas, Sobat MBN!

Baca Juga: Cara Membangun Growth Mindset, Pola Pikir Pengusaha Sukses

Meningkatkan produktivitas kerja tidak hanya berlaku bagi pekerja saja. Pemilik bisnis pun wajib memiliki metode yang tepat untuk meningkatkan produktivitas agar mencapai profit. Untuk bisa meraih hal tersebut dan membuat kamu fokus pada tujuan utama dalam mencapai target bisnis, kamu dapat merencanakan strategi bisnis dengan bantuan lembaga konsultan bisni. 

Temukan layanan jasa laporan keuangan berstandar PSAK, pajak, legalitas, hingga solusi terbaik untuk permasalahan dan strategi pengembangan bisnis Anda demi mencapai peningkatan efektivitas dan efisiensi bisnis bersama MBN Consulting. 

MBN Consulting adalah agensi konsultan bisnis terpercaya dan berpengalaman yang akan membantu Anda mencapai target bisnis secara efektif. Tertarik dengan layanan yang kami berikan? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi, GRATIS!

Konsultasi dengan Kami Sekarang