Google Business Profile: Fitur Penting untuk Bisnis, Kenali Cara Kerjanya!

Pentingnya Google Business Profile untuk Bisnis

Google Business Profile atau yang sebelumnya Google My Business menjadi salah satu fitur penting untuk bisnis yang difasilitasi oleh Google. Fitur ini memungkinkan kamu menyebarluaskan informasi detail mengenai bisnis di mesin pencari Google sehingga mudah ditemukan pelanggan.

Jika kamu masih bingung, fitur ini tampil di bagian kanan tampilan halaman mesin pencari ketika kamu mencari tahu terkait sebuah bisnis atau perusahaan. Informasi tersebut berisi detail mengenai nama perusahaan, logo, alamat, telepon, jam operasional, hingga website dan akun media sosial.

Mengenal Google Business Profile, Fitur Penting untuk Bisnis

Google Business Profile atau Google Profil Bisnis merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola tampilan bisnis di halaman mesin pencari Google. Informasi ini berisi detail terkait mengenai bisnis atau perusahaan yang kamu punya. 

Fitur ini bertujuan untuk membantu pelanggan menemukan bisnis kamu dengan lebih mudah. Selain detail informasi, pelanggan juga dapat melihat rating dan ulasan pelanggan lain secara organik. Hal ini akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis yang kamu kelola. 

Manfaat Menggunakan Google Business Profile

Bukan tanpa alasan, Google Business Profile biasa digunakan para pebisnis untuk memanfaatkan fitur-fitur unggulan yang akan mendukung tampilan bisnis kamu secara online. Berikut beberapa manfaat yang bisa dinikmati dengan menggunakan Google Business Profile.

Meningkatkan Visibilitas Bisnis 

Manfaat Google Profile Bisnis yang pertama adalah meningkatkan visibilitas sehingga lebih mudah ditemukan pelanggan. Jika kamu pernah mencari informasi mengenai sebuah perusahaan melalui mesin pencari Google, kamu akan menemukan bisnis tersebut di bagian sebelah kanan yang memuat informasi mengenai alamat, nomor telepon, rating, dan galeri foto.

Membantu Optimalisasi Branding dan Marketing

Oleh karena visibilitas meningkat, bisnis akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh pelanggan. Mereka dapat melihat konsep bisnis, logo, review atau ulasan, hingga rating yang ditulis secara organik oleh pelanggan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam proses branding dan marketing secara alami.

Meraih Kepercayaan Pelanggan

Berkat fiturnya yang dapat memungkin pelanggan mengakses visibilitas bisnis, mereka akan melihat secara detail mengenai bisnismu. Fitur tersebut akan menunjukkan kredibilitas bisnis dan menunjukkan kesan profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu

Meningkatkan Traffic Website

Ketika mendaftarkan bisnis kamu ke Google Profile Business, website bisnis kamu berkesempatan untuk mendapatkan klik dan traffic. Pengguna akan diarahkan untuk mengunjungi oleh website bisnis terutama jika mereka tertarik mengetahui lebih jauh mengenai bisnis kamu.. 

Memudahkan Pelanggan Mencari Lokasi Bisnis

Google Profile Business dilengkapi dengan fitur Google Maps, sehingga bisnis kamu otomatis terdaftar dan dapat diakses melalui fitur tersebut. Pelanggan akan mengetahui lokasi persis dari bisnis kamu sehingga mereka bisa mengunjunginya secara langsung.

Layanan Gratis

Selain mendapatkan berbagai keuntungan yang akan membantu optimalisasi visibilitas bisnis kamu, layanan ini ternyata dapat kamu gunakan secara gratis, lho! Jadi, sudah sebaiknya untuk mendaftarkan profile bisnis kamu di Google Business Profile.

Cara Mengoptimalkan Akun Google Business Profile

Membuat bisnis dikenal oleh calon pelanggan bisa dilakukan dengan mengoptimasi fitur-fitur yang disediakan di Google Business Profile berikut.

Mendaftarkan Akun Bisnis

Manfaatkan Google Business Profile untuk visibilitas usaha kamu dengan cara mendaftarkan akun bisnis kamu. Seperti informasi sebelumnya, layanan ini gratis dapat diakses di mana saja melalui perangkat apapun.

Melengkapi Informasi Bisnis

Setelah mendaftarkan akun bisnis kamu, mulailah dengan melengkapi detail informasi mengenai bisnis dengan lengkap. Mulai dari nama bisnis, lokasi, nomor telepon, jam operasional, dan menambahkan beberapa gambar dan foto terkait agar pelanggan dapat mengenali lokasi bisnis kamu.

Memperbarui Informasi Bisnis Secara Berkala

Pembaruan rutin diperlukan terhadap akun Google Business Profile kamu terutama jika terdapat perubahan data dan informasi terkait bisnis. Pelanggan pun akan mendapatkan informasi dan update terbaru jika kamu rutin melakukan pembaruan informasi.

Perhatikan Detail Informasi

Ketika pelanggan melakukan pencarian di mesin pencari terkait bisnis kamu, artinya mereka ingin mengetahui detail informasi yang mereka butuhkan. Beberapa informasi penting yang harus selalu menjadi perhatian adalah terkait jam operasional, produk, layanan, dan jangan lupa untuk mengunggah foto-foto agar pelanggan mengetahui lokasi fisik bisnis Anda.

Maksimalkan Fitur-Fitur yang Tersedia

Kamu dapat membalas dan menanggapi komentar dari pelanggan, baik berbentuk ulasan atau pertanyaan. Fitur tersebut dapat kamu temukan dalam fitur pelanggan atau customers. 

Beberapa fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah melihat riwayat panggilan, gambar, hingga fitur promosi dan ads. Beberapa fitur muncul karena pengaturan yang kamu aktifkan untuk jenis bisnis kamu, sehingga setiap profil bisa jadi memiliki fitur yang sedikit berbeda.

Menjangkau pelanggan melalui internet saat ini sudah bukan lagi sebuah pilihan, namun keharusan. Memanfaatkan tools Google Business Profile adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan eksistensi bisnis kamu. Tertarik untuk mulai menggunakan layanan gratis dari Google yang satu ini?
Temukan informasi menarik lainnya seputar bisnis hanya di MBN Consulting, klik di sini!

Baca Juga: Bikin Sistem Bisnis Autopilot? Simak Tahapan Membangunnya!