Pentingnya Membuat Business Plan Agar Sukses Dapat Investor!

pentingnya membuat business plan untuk mengembangkan bisnis

Business plan menjadi parameter penting yang dapat mengukur proyeksi dan kesuksesan sebuah perusahaan di masa mendatang. Konsep membuat perencanaan bisnis ini adalah untuk mencatatkan setiap detail tujuan yang ingin dicapai serta strategi mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, kamu perlu memahami pentingnya membuat business plan demi kemajuan bisnis.

Selain menjelaskan objektif dan tujuan bisnis, hal ini juga akan membantu bisnis kamu mendapatkan investor. Investor akan mempertimbangkan apakah bisnis kamu cukup menguntungkan dan memiliki potensi untuk berkembang.  Jadi, selain mengenal pelanggan dan membuat strategi pemasaran, menyusun business plan juga penting dilakukan. Yuk, ketahui informasi selengkapnya mengenai pentingnya membuat business plan untuk bisnis!

Apa Itu Business Plan?

Business plan adalah catatan perencanaan bisnis beserta tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Tujuan tersebut diuraikan secara detail untuk menjadi fundamental yang kuat dalam menjalankan bisnis.

Ketika tujuan atau objektif yang ingin dicapai sudah cukup jelas, maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah merumuskan strategi dan perencanaan mengenai bagaimana mencapai tujuan tersebut. Strategi ini meliputi bidang pemasaran, operasional, manajerial, dan keuangan.

Pentingnya Membuat Business Plan

Adanya business plan akan membantumu menjelaskan detail-detail penting terkait bisnis. Simak alasan pentingnya business plan berikut!

Menjelaskan Tujuan Bisnis

Seperti namanya, business plan adalah catatan mengenai rencana bisnis, termasuk di dalamnya tujuan dan strategi bisnis. Kamu juga akan mencatatkan pihak-pihak yang terlibat, proyeksi keuntungan, dan peluncuran produk. Hal ini akan membantu kamu dalam melihat tujuan bisnis dan menyusun skala prioritas untuk mencapai tujuan tersebut.

Acuan dalam Mengambil Keputusan

Permasalahan dapat datang kapan saja, terutama di dunia bisnis.Untuk mengatasinya, kamu harus memiliki dasar yang menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Di sinilah adanya business plan berperan. Kamu dapat melihat kembali tujuan utama yang ingin dicapai dan rencana yang ingin dilakukan. Dari sanalah berasal semua keputusan yang dibuat. 

Meyakinkan Investor untuk Pendanaan

Modal adalah kebutuhan mendasar yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Tanpa dana yang cukup, ekspansi bisnis akan sulit dilakukan. Dibutuhkan dukungan dana yang bisa berasal dari investor atau lembaga keuangan untuk hal ini. Namun, untuk dapat meyakinkan investor, kamu harus memiliki rencana bisnis yang detail, spesifik, dan disusun dengan rapi.

Memudahkan Ekspansi Bisnis

Berkat rencana bisnis yang detail dan matang, kamu dapat meyakinkan investor untuk mendapat sokongan dana. Dengan hal ini, kamu dapat meningkatkan jumlah produksi, mengembangkan strategi marketing, hingga melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis ke luar daerah.

Bagian Penting dalam Business Plan

Beberapa bagian penting berikut harus ada dan tercantum di dalam business plan yang kamu buat. Apa saja? Berikut uraian singkatnya!

Executive Summary

Bagian ini berisi rangkuman secara keseluruhan mengenai business plan yang dibuat. Masukkan hal-hal penting yang menjadi highlight bisnis. Executive summary sangat berpengaruh apakah pembaca atau dalam hal ini investor, tertarik untuk melihat perencanaan bisnis secara keseluruhan.

Profil Perusahaan

Profil perusahaan berisi identitas bisnis yang terdiri dari nama perusahaan, visi dan misi, lokasi, nama pemilik, jumlah karyawan, deskripsi singkat bisnis, hingga memasukkan background story awal mula bisnis ini didirikan. 

Analisis Pasar

Penting untuk melakukan analisis pasar saat pertama kali mendirikan bisnis. Analisis pasar dilakukan untuk mengenali siapa target pasar, bagaimana kebiasaan mereka, apa yang mereka butuhkan dan inginkan dari produk dan layanan yang kamu tawarkan. Identifikasi pula kompetitor untuk melihat peluang bagaimana produk kamu bisa bersaing di pasaran.

Produk dan Layanan

Bagian ini berisi mengenai deskripsi produk dan layanan yang ditawarkan. Cantumkan nama produk, harga, deskripsi produk, keunggulan, dan manfaatnya bagi pelanggan. Jelaskan apa yang membuat produk ini menarik, bagaimana alur produksinya, dan bagaimana cara memastikan bahwa kualitas produk ini sudah sesuai dengan standar.

Rencana Keuangan 

Rencana keuangan atau budgeting adalah salah satu aspek penting yang harus ada dalam business plan. Jika bisnis sudah berdiri lama, kamu dapat memasukkan laporan keuangan seperti proft, pengeluaran, dan revenue stream. Sementara, jika bisnis kamu baru saja berjalan, kamu dapat melampirkan rencana keuangan atau budgeting proyeksi modal dan keuntungan yang diperoleh. Budgeting dapat menggambarkan kondisi keuangan perusahaan, sehingga investor dapat menilai potensi bisnis kamu.

Strategi Pemasaran

Bagian strategi pemasaran akan membahas bagaimana bisnis akan menjangkau pelanggan dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Strategi ini bisa dilakukan dengan membuat iklan, kampanye, atau kerjasama brand. Jelaskan strategi ini secara detail dan step-by-step langkah yang akan dilakukan untuk melaksanakannya.

Itulah informasi mengenai pentingnya membuat business plan untuk bisnis sebelum kamu memulai strategi promosi dan pemasaran produk. Dengan adanya business plan, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan dan menjalankan strategi yang sudah dibuat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Investor untuk Bantu Permodalan Bisnis, Langsung Deal!

Jika kamu punya permasalahan seputar bisnis dan strategi pengembangannya, konsultasikan secara GRATIS bersama MBN Consulting dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

MBN Consulting adalah agensi konsultan dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.