Tingkatkan Brand Loyalty Bisnismu Melalui After Sales Service!

After sales service menjadi layanan yang sering digunakan para perusahaan saat ini.

Kamu tau ga?!

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memunculkan persaingan bisnis yang sangat ketat?

Setiap pelaku usaha dituntut untuk melakukan berbagai inovasi agar bisnisnya tetap bertahan loh. 

Apalagi, menghasilkan produk atau jasa yang bagus, harga yang bersaing, memiliki strategi marketing multichannel saja tidaklah cukup!

Kamu juga perlu mengandalkan layanan after sales untuk meningkatkan brand loyalty bisnis mu!

Emang apa sih After Sales Service itu?

Apa itu After Sales Service?

After sales sangat populer digunakan oleh para perusahaan untuk menjaga hubungan dengan para customernya.
www.freepik.com

After sales service mengacu pada upaya yang dilakukan oleh para perusahaan untuk memastikan kepuasan terhadap layanan jasa atau produk yang telah dirasakan oleh para pelanggannya. 

Apalagi, strategi ini sangat potensial bagi perusahaan untuk menjaga hubungan baik kepada para pelanggan sehingga akan memunculkan peluang untuk membeli kembali atau layanan produk tersebut bisa direkomendasikan kepada orang lain

Tidak hanya itu saja, upaya after sales juga efektif untuk meningkatkan brand awareness dan brand loyalty bisnis mu juga!

Jenis Layanan After Sales Yang Perlu Kamu Ketahui!

Jenis layanan after sales
www.freepik.com

Setelah mengetahui apa itu after sales service, kamu juga perlu tahu loh ada berbagai jenis teknik after sales yang umumnya digunakan para perusahaan untuk tetap merasa dekat dengan para pelanggannya. 

Berikut jenis-jenis layanan after sales:

1. Berterima Kasih Atas Pembelian

Ucapan terima kasih atas pembelian layanan atau produk menjadi salah satu teknik after sales yang paling umum digunakan oleh para perusahaan untuk tetap bisa berinteraksi kepada para pelanggannya.

Ucapan ini biasanya dikirimkan perusahaan melalui email, whatsapp, pesan, ataupun melalui telepon.

2. Memastikan Produk Atau Layanan Telah Didapatkan

Dalam kurun waktu 1 minggu hingga 1 bulan, biasanya perusahaan akan memastikan kesuksesan transaksi layanan atau produk yang telah dibayarkan sebelumnya serta memastikan bahwa pelanggan juga telah memperoleh hak yang seharusnya didapatkan.

3. Meminta Testimoni & Saran

Testimoni dan saran pelanggan menjadi poin penting bagi para perusahaan untuk terus mengembangkan bisnisnya. 

Untuk itu, strategi after sales ini sering digunakan para perusahaan dan business development team nya untuk meningkatkan kualitas produk atau  layanannya agar selalu menjawab kebutuhan para pelanggan.

4. Memberikan Layanan Garansi

Layanan garansi juga menjadi salah satu strategi layanan  after sales service yang populer saat ini. 

Pemberian garansi ini dilakukan para perusahaan untuk meyakinakan para pelangganya bahwa produk yang telah mereka beli ini memang diproduksi dengan kualitas terbaik. 

Selain itu, tindakan ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan citra perusahaan juga loh bahwa apa yang telah diproduksinya memang terjamin dan dapat dipertanggung jawabkan.

5. Menyediakan Spare Part Produk

Menawarkan berbagai suku cadang perlengkapan produk juga menjadi salah satu layanan after sales loh!

Kebayang dong, kalo semisal nih ya kalian beli sebuah motor tapi suku cadangnya ga ada. Pasti bakal pusing banget kan? 

Nah, upaya ini juga menjadi salah satu perusahaan untuk tetap mempertahankan loyalitas dari para pelanggannya.

6. Memberikan Layanan Pemeliharaan dan Perbaikan Rutin

Memberikan layanan pemeliharaan dan perbaikan sangat penting bagi produk yang memiliki umur pakai yang panjang dan memerlukan perawatan yang rutin.

Ini juga menjadi salah satu upaya after sales perusahaan loh!

Dengan melakukan pemeliharaan dan perbaikan, produk dapat terus berfungsi dengan baik dan kerusakan dapat selalu diperbaiki tentunya.

7. Menginformasikan Diskon dan Penawaran Menarik

Membagikan informasi seputar diskon melalui email marketing menjadi salah satu strategi after sales yang efektif loh dan mendorong para pelanggan untuk up to date seputar produk terbaru yang perusahaan mu tawarkan!

Apalagi ya, sering banget terjadi karena adanya penawaran menarik dari email, para pelanggan menjadi tertarik untuk membelinya.

8. Membagikan Konten Yang Relevan

Di era digital saat ini, konten menjadi salah satu alat powerful untuk meningkatkan brand awareness bisnismu loh!

 

Kamu juga dapat memberikan beragam konten edukatif kepada para pelanggan sebagai bentuk layanan after sales service.

Namun, jangan lupa hal penting ini!

Idealnya 80% isi konten baik berupa artikel, blog, video wajib menjawab permasalahan dan kebutuhan para pelanggan. Nah 20% sisanya, kamu

Nah, sekarang kamu  udah tau dong apa itu after sales service dan beragam jenisnya? 

Memang sih jadi pebisnis sekarang ini ga mudah. Banyak beragam hal yang perlu kamu urusin tentunya.

Untuk itu, kamu bisa loh memanfaatkan layanan konsultasi bisnis gratis bersama MBN untuk memaksimalkan berbagai strategi bisnis mu yang salah satunya layanan after sales ini!