5 Tips Sukses Mengelola Bisnis Akhir Tahun!

tips sukses mengelola bisnis akhir tahun

Akhir tahun bisa jadi adalah salah satu waktu yang paling merepotkan bagi para pemilik bisnis. Tips mengelola bisnis akhir tahun ini mungkin akan membantumu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan jelang akhir tahun.

Pasalnya, ada begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan juga disiapkan untuk menyambut tahun yang baru. Terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang umumnya bekerja di dalam tim yang sedikit.

Nah, agar bisnis bisa terus maju dan berkembang seiring tahun, yuk perhatikan beberapa hal berikut jelang akhir tahun!

Tips Mengelola Bisnis Akhir Tahun

Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk berbenah dan memperbarui tujuan serta rencana hidup. Hal ini tidak hanya berlaku bagi diri setiap individu, namun juga bisnis. Berikut tips mengelola bisnis akhir tahun yang wajib kamu perhatikan!

1. Evaluasi Kinerja Bisnis 

Salah satu hal yang sangat penting dilakukan pada akhir tahun adalah meninjau pencapaian bisnis selama tahun ini. Caranya adalah dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan tantangan yang dimiliki. Sehingga, kita dapat mengetahui peluang dan potensi perbaikan yang bisa dilakukan ke depannya.

Saat kita berhasil mengidentifikasi hasil kinerja dan peluang bisnis, kita akan dengan mudah menyusun rencana strategis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis yang baru.

2. Memperbarui Tujuan dan Rencana Bisnis

Langkah kedua yang akan dilakukan setelah mengevaluasi kinerja selama satu tahun adalah memperbarui tujuan bisnis agar lebih relevan untuk tahun berikutnya. 

Memiliki tujuan bisnis akan membantu kita untuk lebih fokus dan terarah, sehingga rencana bisnis pun juga akan lebih mudah disusun. Dengan begitu, alokasi sumber daya dan anggaran pun bisa dilakukan secara bijak dan lebih efisien. 

Selain itu, tujuan ini juga berguna untuk persiapan evaluasi kinerja dan pencapaian di akhir tahun depa sebagai parameter baru dalam mengukur kinerja bisnis.

3. Meninjau dan Menyusun Anggaran 

Lakukan evaluasi dan penyusunan anggaran bisnis jelang akhir tahun (source: freepik.com)

Akan ada banyak sekali kegiatan dan rencana yang berhubungan dengan uang. Oleh karena itu, melakukan evaluasi dan membuat anggaran baru untuk bisnis menjadi sesuatu yang tidak akan bisa lepas dari kegiatan akhir tahun para pemilik bisnis.

Tujuan melakukan evaluasi dan tinjauan anggaran ini, berguna untuk mengendalikan keuangan, sebagai alat pengambilan keputusan, hingga alat evaluasi kinerja di akhir tahun berikutnya. 

Kamu akan tahu, area mana saja yang perlu perbaikan dan bagaimana kondisi finansial perusahaan selama ini. Anggaran juga berguna untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas, sehingga semua pihak yang terlibat di dalam bisnis atau perusahaan dapat memahami bagaimana uang yang dimiliki dikelola dan digunakan untuk mencapai tujuan bisnis.

4. Manfaatkan Promo Akhir Tahun

Akhir tahun memang jadi kesempatan bagi banyak orang untuk berbelanja dan berburu promo year end sale Kamu dapat menarik minat pelanggan dengan mengadakan diskon, promo, atau strategi marketing lainnya untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya dengan menjual bundling barang-barang lama, promo cuci gudang, flash sale berbatas waktu, giveaway, atau event spesial akhir tahun

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan produk atau layanan baru, meningkatkan brand awareness dengan promosi yang masif, hingga menjalin hubungan baik bersama pelanggan.

Namun, pengadaan promo akhir tahun ini tentunya harus melalui pertimbangan matang dengan menghitung ongkos biaya marketing yang harus dikeluarkan.

5. Lakukan Analisis Pasar

Satu lagi kegiatan mengelola bisnis akhir tahun yang penting sekali untuk dilakukan, yaitu analisis dan riset pasar

Berganti tahun, tentunya akan ada pergeseran untuk tren dan juga selera dari pelanggan. Di sinilah kesempatanmu untuk dapat mengidentifikasinya, kemudian manfaatkan peluang baru tersebut dengan menciptakan strategi pemasaran yang sesuai.

Riset pasar berguna sebagai bekal bagi bisnismu di tahun berikutnya dalam mengantisipasi perubahan tren, regulasi, dan model persaingan. Sebab, dunia bisnis adalah dunia yang penuh ketidakpastian, untuk itu, melakukan riset pasar secara rutin dapat memungkinkanmu melakukan penyesuaian terhadap rencana bisnis yang akan disusun.

Untuk memudahkanmu dalam mengelola bisnis akhir tahun, terutama dalam menyusun laporan keuangan tahunan, perhitungan dan pelaporan pajak tahunan, legalitas dan perizinan, hingga sistem operasional bisnis, kamu bisa menggunakan layanan bisnis dari MBN Consulting.

Kamu juga bisa mencoba gratis layanan pembuatan laporan keuangan berstandar PSAK untuk satu bulan! Klik tombol di bawah untuk memulai sesi konsultasi sekarang!