Kemenparekraf RI berkolaborasi bersama MBN Consulting dan Bizhare menginisiasikan sebuah platform inkubasi dan pembiayaan bagi bisnis kuliner Indonesia di luar negeri yang bernama Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar).
Sandiaga Uno percaya bahwa program ini akan meningkatkan pertumbuhan wirausaha diaspora Indonesia di seluruh dunia loh sobat MBN!
Dengan menargetkan 4.000 restoran baru, program ini diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekspor rempah Indonesia agar mencapai target senilai USD 2 miliar nih pada tahun 2025.
MBN bersama tim, berusaha menciptakan program inkubasi bisnis dan menyeleksi secara selektif berbagai usaha kuliner Indonesia di luar negeri yang memang potensial untuk diberikan suntikan untuk pengembangan bisnisnya.
Nah, diantara kamu pasti tertarik banget dong sama program ini? So pasti tertarik lah…
Lalu, sebenernya apa sih IndoStar itu?
Apa Itu IndoStar?
IndoStar adalah sebuah platform akses pembiayaan pertama yang bertujuan untuk pengembangan bisnis restoran Indonesia di luar negeri yang memiliki tiga karakteristik unik yang berupa:
1.Mendukung program Indonesia Spice Up The World.
2.Kolaborasi skema pendanaan Perbankan maupun Non Perbankan.
3.Pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dan masif agar usahanya bisa scale up dengan lebih pesat dan siap mendapatkan pembiayaan dari calon Investor.
Apa Saja Rangkaian Program IndoStar?
Nah, program ini juga terdiri dari lima rangkain tahapan loh Sobat MBN yang terdiri dari:
1. Launching & Open Call Submission
Di awal kegiatan, akan ada launching acara dan dilanjutkan dengan pembukaan platform website indoStar , dengan diresmikannya platform ini, para peserta atau pemilik bisnis dapat mendaftarkan bisnisnya di program Indostar dapat melalui platform ini.
Selain itu, pada tahap ini juga pemilik usaha kuliner Indonesia di luar negeri yang tertarik bisa langsung mengumpulkan data berupa laporan keuangan usaha dan legalitas usaha pada negara setempat, sebagai bahan analisis untuk melihat profile business tersebut.
2. Curation
Langkah selanjutnya, Peserta yang telah mengikuti sosialisasi akan diseleksi dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh lembaga pembiayaan baik Perbankan maupun Non Perbankan. Hasil kurasi tersebut akan diumumkan melalui platform IndoStar.
3. Incubation Program
Pada tahapan ini, Peserta yang berhasil lolos kurasi akan mengikuti program mentoring selama 1 bulan dengan metode interactive learning melalui konsultasi pribadi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para peserta.
Hal ini akan diikuti para pelaku usaha kuliner yang telah terpilih untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.
4. Pitching
Tahapan berikutnya, para peserta akan mendapatkan pendampingan dari para mentornya terkait bagaimana cara menghadapi investor atau pitching deck, serta mendapatkan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan feedback dan cara mempresentasikan proposal bisnis yang terbaik untuk mendapatkan investor.
5. Fundraising
Pada tahapan terakhir ini, para Investor yaitu Angel Investor, Securities Crowdfunding (Bizhare), P2P Lending serta para perbankan lainnya akan menyeleksi dan menentukan nih seputar bisnis-bisnis mana yang akan dipilih para investor untuk melakukan penyuntikan dana tentunya.
Nah, udah tau dong program IndoStar itu apa?
Para pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri pasti sangat tertarik bukan untuk ikut program ini?