Kenali Dampak Positif Sustainable Marketing untuk Bisnis

sustainable marketing dalam bisnis memiliki banyak manfaat positif, terutama untuk menunjukkan value dari brand dan produk

Perencanaan dan strategi bisnis tidak hanya bicara soal peningkatan keuntungan dan penjualan, namun juga menyusun strategi marketing berkelanjutan atau sustainable marketing. Strategi ini akan berfokus pada dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan, terutama di masa depan.

Di dunia bisnis, menerapkan sustainable marketing berarti mempertimbangkan keseimbangan jangka panjang untuk tiga aspek tersebut di atas dalam berbagai strategi pemasarannya. Hal ini bisa kamu promosikan dalam brand value bisnis kamu.

Lalu, seperti apa konsep dan cara menerapkan sustainable marketing dalam dunia bisnis? Apa saja manfaat yang didapatkan dari strategi ini? Yuk, kita bahas bersama!

Apa Itu Sustainable Marketing

Sustainable marketing membantu bisnis memprioritaskan pelanggan dan menjaga kelangsungan sumber daya (freepik.com/rawpixel.com)

Sustainable marketing adalah strategi pemasaran jangka panjang yang berorientasi pada pelanggan tanpa mengabaikan kelangsungan ketersediaan sumber daya lingkungan.

Cara ini dilakukan dengan mempromosikan produk sembari mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan dan masyarakat. Misalnya dengan memperhatikan kesejahteraan karyawan, pelanggan, mitra, dan masyarakat sekitar. Menggunakan bahan baku ramah lingkungan, memperhatikan pengelolaan limbah, dan menjaga keamanan sumber daya.

Seiring dengan berkembangnya kesadaran konsumen mengenai krisis iklim dan perubahan lingkungan, konsumen akan lebih cenderung memilah-milah produk yang mereka gunakan.

Sebagian konsumen tidak hanya mengharapkan produk dan layanan yang baik dari perusahaan. Tetapi juga bagaimana mereka bisa bertanggungjawab atas isu sosial dan lingkungan yang mereka sebabkan.

Sustainability, seperti namanya, adalah program berkelanjutan. Ketika kamu memutuskan untuk menerapkan promosi pemasaran menggunakan sustainable marketing, hal ini diharapkan dapat diterapkan secara permanen dan jangka panjang.

Prinsip Dasar Sustainable Marketing

sustainable marketing dapat diterapkan dengan lima prinsip dasar yang berorientasi pada pelanggan dan lingkungan (freepik.com/freepik)

Agar bisa menerapkan sustainable marketing bagi bisnis kamu, kamu perlu mengenal prinsip-prinsip sustainable marketing berikut!

Berorientasi pada Konsumen (Consumer-Oriented)

Perusahaan akan membuat kebijakan dan produk yang mengutamakan konsumen. Strategi pemasaran yang digunakan akan lebih memperlihatkan sesuatu berdasarkan kacamata konsumen. Hal ini akan memudahkan bisnis atau perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumen.

Nilai Pelanggan (Customer-Value Marketing)

Perusahaan harus bisa menawarkan dan mengedepankan value mereka. Konsumen akan menilai apakah nilai-nilai tersebut sejalan dengan apa yang mereka pegang. Konsumen akan lebih senang memilih produk yang ikut mendukung nilai-nilai yang sama dengan yang mereka yakini.

Inovasi Pemasaran (Innovative Marketing)

Terus lakukan inovasi, baik terhadap produk dan layanan hingga strategi marketing. Ketika terus berinovasi, perusahaan akan dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik.

Sense-of-Mission Marketing

Prinsip ini mengedepankan misi dan pesan dukungan yang beresonansi dengan target pasar. Artinya, perusahaan berupaya untuk memberikan sesuatu kepada publik melalui strategi marketing yang digunakan. Hal ini akan berlangsung dalam jangka panjang untuk menyampaikan keseriusan perusahaan dalam misi dan tujuan mereka. 

Pemasaran Sosial (Societal Marketing)

Prinsip sustainable marketing yang terakhir adalah pemasaran sosial. Hal ini berarti perusahaan harus mampu merancang strategi pemasaran yang diinginkan konsumen namun juga sejalan dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan yang cerdas, akan dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang pemasaran yang baik.

Cara Menerapkan Sustainable Marketing

sustainable marketing akan berjalan baik untuk bisnis dengan terus konsisten (freepik.com/freepik)

Setelah mengetahui lima prinsip dasar sustainable marketing, selanjutnya kamu dapat menerapkan beberapa hal ini agar bisa menerapkannya!

Konsisten

Seperti namanya, sustainable marketing adalah upaya berkelanjutan yang berlangsung dalam jangka panjang. Oleh karena itu, konsistensi menjadi suatu keharusan. Perhatikan keselarasan aksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan kampanye dan pemasaran yang mereka lakukan. Mulai dari mengimplementasikan operasional bisnis, pemilihan bahan baku, dan cara mendapatkan material bahan baku tersebut.

Jangan Abaikan Kualitas Produk

Konsumen tetap ingin produk yang berkualitas, di samping memiliki value yang mendorong sustainability. Untuk itu, perusahaan tetap perlu memperhatikan kualitas produk meski harus menaikkan sedikit harga. Konsumen yang memiliki fokus terhadap sustainability atau hidup berkelanjutan, biasanya tidak akan keberatan jika harus membayar lebih untuk produk-produk yang mendukung nilai yang sejalan dengan mereka.

Bangun Kerjasama dengan Banyak Orang

Meski banyak orang yang sudah sadar dengan pentingnya menjaga ketersediaan sumber daya dan kesehatan lingkungan, namun masih lebih banyak lagi orang yang belum tahu terkait hal ini. Untuk itu, penting menjalin kerjasama dengan target pasar agar dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Memberikan Edukasi

Oleh karena tidak semua orang peduli dengan isu lingkungan, maka perusahaan harus bisa memberikan edukasi yang baik. Konsumen harus tahu mengapa mereka membutuhkan produk yang sustainable. Cara ini bisa dilakukan melalui strategi promosi di media sosial dengan membuat konten produk. Bisa juga dengan melakukan kerjasama dengan selebriti atau orang terkenal yang dapat memengaruhi audiens.   

Manfaat Sustainable Marketing

selain bermanfaat bagi pelanggan dan lingkungan, sustainable marketing juga dapat membangun dampak positif bisnis dan brand (freepik.com/freepik)

Meski tujuan dari sustainable marketing adalah untuk memprioritaskan sistem ekologi dan kepuasaan pelanggan di atas pencapaian profit, namun tipe pemasaran ini memiliki banyak dampak positif. Apa saja? Berikut penjelasannya!

Membangun Branding

Brand yang memiliki nilai dan manfaat baik, dapat mengakuisisi pelanggan dari segmentasi pasar. Strategi marketing ini akan membantu perusahaan bersaing dan menciptakan segmentasi pasar sendiri dengan tetap mempertahankan pelanggan lama.

Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang puas dengan produk dan pelayanan, cenderung akan loyal dengan pilihan produk mereka. Terlebih jika sebuah brand memiliki value yang merepresentasikan mereka atau sejalan dengan ide mereka.

Menjaga Lingkungan

Tujuan dari strategi promosi pemasaran ini adalah untuk menjaga aspek sosial dan lingkungan. Jadi, tentu saja tipe promosi ini akan membawa kebaikan bagi lingkungan dan sumber daya. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menyebabkan dampak negatif bagi planet kita. Publik membutuhkan produk dari perusahaan yang mampu mengimplementasikan strategi yang baik bagi lingkungan. 

Baca Juga: 10 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Efektif, Bisnis Makin Cuan!

Nah, itu dia informasi menarik seputar sustainable marketing yang bisa MBN Consulting berikan buat kamu. Strategi ini memiliki urgensi yang tinggi untuk bisa diterapkan mengingat banyak masyarakat yang sudah memiliki kesadaran terhadap dampak lingkungan. 
Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar perkembangan bisnis lainnya dari MBN Consulting di sini!