Potensi Threads untuk Bisnis: Meraih Peluang Promosi di Media Sosial

Potensi Threads untuk bisnis, aplikasi media sosial baru dari Meta Inc

Bagaimana potensi Threads untuk bisnis kecil dan menengah hingga perusahaan dalam mengembangkan online presence mereka di media sosial? Lalu, seberapa besarkah peluang tersebut dan bagaimana efektivitasnya?

Pertanyaan tersebut muncul seiring dengan diluncurkannya sebuah platform media sosial baru oleh Meta Platform, Inc, yang merupakan perusahaan induk dari Instagram dan Facebook. Platform baru ini dikatakan sebagai saingannya Twitter, lho! Hal ini karena tampilan dan banyak fitur yang mirip dengan aplikasi burung biru tersebut. 

Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai Threads dan kaitannya dengan promosi serta pemasaran di media sosial!

Apa Itu Threads?

Baru-baru ini, pendiri sekaligus CEO Meta Platform, Inc, Mark Zuckerberg, mengumumkan peluncuran aplikasi media sosial baru berbasis teks bernama Threads. Aplikasi ini digadang sebagai saingan langsung dari aplikasi sejenis yang sudah jauh lebih dulu rilis, Twitter.

Mark Zuckerberg di akun Threads-nya mengatakan bahwa terdapat lebih dari sepuluh juta unduhan dan pendaftar dalam tujuh jam pertama peluncurannya pada 6 Juli lalu.

Aplikasi percakapan publik tersebut hadir dengan beberapa fitur menarik yang menjadi alternatif menarik bagi basis pengguna Instagram. Mereka dapat berinteraksi sesama pengguna dengan memposting pesan teks hingga foto dan foto bergulir atau carousel. Namun, Threads belum bisa mendukung pengiriman pesan langsung antar pengguna seperti aplikasi Twitter atau Instagram.

Menurut Wakil Presiden produk Meta, Connor Hayes dalam sebuah wawancara, mengatakan, saat ini Threads hadir tanpa iklan dan hanya akan berfokus pada peningkatan jumlah pengguna yang mungkin akan tertarik dengan aplikasi ini.

Keuntungan Menggunakan Threads

Sebagai salah satu media sosial buatan Meta, Threads memiliki keuntungan yang bisa dimanfaatkan penggunanya melalui beberapa fitur dan keuntungan di bawah ini.

Terhubung dengan Akun Instagram

Connor Hayes, Wakil Presiden Meta dalam sebuah wawancara mengatakan pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan mempertimbangkan saran dari para pengguna. Mereka umumnya merupakan konten kreator yang menginginkan sebuah platform alternatif, namun tidak ingin memulai dan membangun akun dari awal.

Akun Threads sendiri terdesentralisasi ke media sosial lainnya karena dibangun di atas protokol jejaring sosial ActivityPub. Sehingga, kamu tidak harus membangun pengikut dari nol dan tetap dapat berinteraksi dengan jaringan komunitas yang lebih luas.

Memudahkan Promosi

Integrasi akun Threads dengan akun Instagram yang sudah kamu bangun dan memiliki massa, akan dapat memudahkan pengikut kamu menemukanmu di Threads. Mereka bahkan bisa langsung melakukan follow pada akunmu. Seperti yang dijelaskan Wakil Presiden Meta, kamu tidak perlu membangun akun mulai dari nol. Hal ini akan memudahkan strategi promosi karena akun sudah memiliki massa.

Pedoman Komunitas yang Ketat

Seperti produk Meta lainnya, Threads memiliki panduan komunitas yang cukup ketat. Postingan atau akun yang memiliki indikasi melanggar community guidelines akan segera dihapus dan diberi peringatan. Sehingga, hal ini akan melindungi akun kamu maupun akun bisnis dari pesan-pesan negatif.

Peluang Bisnis yang Didapat dengan Akun Threads

Melihat antusiasme pengguna Instagram atas kehadiran Threads, bagaimana peluang bisnis bagi brand atau bisnis kecil menengah hingga perusahaan besar dalam memanfaatkan Threads untuk menjangkau audiens? Yuk, kita ulas!

Pertumbuhan yang Cepat

Belum satu minggu semenjak Threads diluncurkan, sudah terdapat lebih dari 100 juta unduhan dan pendaftaran pengguna ke akun Threads. Bahkan, pertumbuhan ini sudah terlihat sangat pesat hanya dalam hitungan jam di hari pertama peluncurannya.

Pertumbuhan akun-akun juga tergolong cepat karena integrasinya dengan Instagram. Oleh karena itu, pengguna atau komunitas dapat dengan mudah menemukan akun yang sudah mereka ikuti sebelumnya di Instagram.

Melihat potensi tersebut, Threads sepertinya memiliki peluang yang baik sebagai media promosi yang interaktif bagi sebuah bisnis atau brand di media sosial.

Tidak Perlu Membangun Branding dari Awal

Para pemilik bisnis atau brand yang memiliki akun centang biru, tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu melakukan pengajuan ulang terhadap fasilitas dari Meta ini terhadap bisnis kamu. 

Centang biru akan otomatis tersemat pada akun Threads jika sebelumnya akun sudah memilikinya. Hal ini akan memperkuat branding dan kamu tidak perlu mengulang lagi membangun akun dari awal.

Kemudahan Promosi

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan brand atau bisnis sebagai pengguna Threads dan Instagram adalah kemudahan promosi antara konten yang ada di Threads dan yang ada di Instagram. 

Fitur share postingan Threads ke Instagram akan memfasilitasi penggunanya untuk memposting ulang bahan promosi. Followers yang melihat postingan tersebut pun dapat langsung menuju ke akun Threads kamu dengan melakukan klik pada gambar.

Tips Membangun Akun Bisnis di Threads

Setelah mengetahui peluang pengembangan bisnis menggunakan akun Threads, yuk simak tips membangun dan memelihara akun bisnis tersebut! 

Konsisten Membuat Konten

Di platform media sosial mana pun, sudah pasti konsistensi dalam memposting konten-konten menarik yang relevan dengan bisnis dan audiens adalah salah satu kunci.

Di Threads, kamu akan lebih mudah membuat jenis konten yang akan diposting. Hal ini karena kamu tidak perlu melakukan riset audiens dari awal. Audiens Threads tidak akan jauh beda dengan audiens Instagram kamu. 

Namun, di Threads, semua postingan dari akun yang diikuti oleh pengguna, tampil secara acak tanpa adanya kurasi konten. Sehingga, membuat konten dengan konsistensi yang baik adalah salah satu cara agar postingan kamu dapat muncul lebih sering dan terlihat oleh pengikut akunmu.

Berinteraksi dengan Sesama Pengguna

Threads adalah platform berbasis teks. Jadi, selain konsisten dengan konten yang dibuat, kamu juga harus mengemasnya dengan interaktif. Pancing audiens untuk masuk ke dalam percakapan lalu respon mereka dengan cepat. Bangun interaksi yang positif antara brand dengan followers.

Buatlah postingan yang mampu mengajak audiens untuk terlibat di dalam sebuah percakapan. Akan sangat baik ketika kamu memanfaatkan platform ini untuk membangun interaksi dengan audiens.

Berinovasi dengan Konten

Dikarenakan Threads adalah platform yang baru saja rilis, beberapa konten memang harus kamu lakukan trial and error. Konten seperti apa saja yang kira-kira cocok dan mampu memberikan engagement yang baik terhadap bisnis atau brand.

Coba semua jenis konten, lalu lakukan evaluasi. Jika berhasil, kamu bisa melanjutkan untuk membuat konten-konten sejenis yang lebih banyak disukai. Apalagi saat ini Threads belum menyediakan iklan, sehingga kamu bisa bebas berinovasi dengan konten dan membangun interaksi positif dengan audiens.

Tenang saja, semua orang masih baru di Threads. Semua orang juga sedang mencoba dan terus melakukan evaluasi. Jadi, kamu masih punya banyak waktu untuk mempelajari.

Baca Juga: 10 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Efektif, Bisnis Makin Cuan!

Saat ini, Threads tentunya masih dalam tahap pengembangan dan uji coba. Akan ada banyak pembaruan ke depan terutama terkait algoritma, kurasi konten, hingga iklan. Jadi, bisa dibilang platform “milik” Mark Zuckerberg ini memiliki potensi yang bagus untuk dapat mendukung bisnis kamu!

Nah, informasi mengenai potensi Threads untuk bisnis dan promosi di media sosial di atas, semoga dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu, ya!

Jangan sampai ketinggalan informasi bisnis menarik lainnya dari MBN Consulting! Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut!