Strategi cross selling produk adalah salah satu cara memasarkan produk atau layanan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Metode ini bukan lagi metode baru dalam strategi pemasaran. Teknik ini sudah umum dipakai terutama pada gerai waralaba makanan yang mengemas produk dalam paket-paket tertentu.
Pengertian Cross Selling Produk
Cross selling adalah strategi marketing yang menawarkan produk tambahan sebagai pelengkap kepada konsumen.
Dilansir dari laman HubSpot, cross selling mendorong konsumen untuk melakukan pembelian barang lainnya di samping produk utama. Artinya, strategi marketing yang satu ini memungkinkan kamu untuk menjual beberapa produk dalam sebuah transaksi dengan konsumen.
Biasanya, produk-produk tersebut juga dijual secara bersamaan dengan produk utama. Caranya adalah dengan dikemas dalam bentuk paket atau bundle. Harga yang ditetapkan pun biasanya akan menyesuaikan dan cenderung lebih terjangkau.
Pada contoh sehari-hari, kamu bisa menemukan strategi cross selling pada restoran cepat saji yang menawarkan paket-paket makanan. Biasanya, kamu akan mendapatkan beberapa produk seperti ayam, kentang, sup, dan minuman dalam satu paket.
Contoh lainnya adalah ketika kamu membeli produk di minimarket. Ketika akan melakukan pembayaran, kasir minimarket akan menawarkan beberapa produk lainnya untuk melengkapi belanjaanmu.
Tidak hanya dengan metode konvensional, strategi cross selling juga umum diterapkan saat berbelanja di marketplace atau aplikasi belanja online lainnya. Kamu akan melihat pilihan mengenai produk-produk sejenis. Hal ini berpotensi membuat kamu tertarik dan memasukkan produk lainnya tersebut ke keranjang.
Teknik-teknik tersebut merupakan beberapa upaya cross selling yang diterapkan dengan tujuan meningkatkan penjualan. Selain itu, dari sisi konsumen, mereka akan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Hal ini karena konsumen mendapatkan produk lebih banyak yang melengkapi belanjaan utama dengan harga lebih terjangkau.
Manfaat Melakukan Strategi Cross Selling Produk
Setiap strategi pemasaran yang dilakukan, tentu saja memiliki manfaat yang berdampak pada peningkatan bisnis dan kepuasan pelanggan. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan ketika menerapkan strategi cross selling.
Menawarkan Produk Baru
Kamu bisa menggunakan cross selling sebagai salah satu cara mengenalkan produk baru kepada konsumen. Sebagai penjual, tawarkan produk sebagai barang pendamping atau tambahan pada belanjaan utama mereka. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam paket-paket atau bundling produk agar dibeli konsumen bersamaan dengan produk utama.
Meningkatkan Penjualan
Beberapa strategi marketing atau pemasaran sudah pasti bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Strategi cross selling menjadi salah satu cara agar konsumen membeli produk dalam jumlah yang lebih banyak sehingga dapat meningkatkan keuntungan.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Selain bermanfaat bagi pebisnis, cross selling juga berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan seringkali bergantung pada peluang-peluang pemasaran gratis seperti ini. Mereka bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau, atau mendapatkan lebih banyak produk yang relevan dengan kebutuhan mereka.
Menghemat Biaya Marketing
Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu lebih untuk melakukan strategi pemasaran seperti iklan atau kerjasama lain yang bertujuan untuk menggaet pelanggan baru. Kamu bisa mempertahankan pelanggan lama dengan memberikan mereka peluang-peluang menarik seperti diskon dan promosi yang kamu lakukan dengan strategi cross selling.
Cara Melakukan Strategi Cross Selling Produk Agar Efektif
Mungkin Sobat MBN bertanya-tanya, bagaimana agar cross selling bisa diterapkan secara efektif? Berikut beberapa informasi yang bisa kamu jadikan acuan.
Kenali Konsumen
Mengenali konsumen, memungkinkan kamu untuk menawarkan produk yang mereka butuhkan. Ketika produk yang ditawarkan tepat dan relevan, konsumen pun akan merasa puas dan terbantu dengan pelayanan yang diberikan. Jadi, hal ini tidak hanya akan menguntungkan kamu kamu sebagai pebisnis, namun juga konsumen kamu.
Pertimbangkan Harga
Sebagian besar konsumen akan menjadikan harga sebagai salah satu pertimbangan dalam keputusan pembelian. Terutama ketika kamu menawarkan produk dalam paket-paket atau bundling. Pastikan harga yang diberikan adalah harga terbaik yang sesuai
Diskon dan Promo
Selain memperhatikan harga dan menjual dalam paket atau bundle, kamu juga memiliki opsi untuk memberi diskon. Diskon umumnya diberikan pada konsumen jika membeli dalam jumlah banyak. Misalnya memberikan promo beli 2 gratis 1 atau diskon 20% untuk pembelian di atas Rp. 1 juta.
Variasi dan Kombinasi Produk
Jika kamu ingin memberikan penawaran yang mengutamakan kepuasan pelanggan, cobalah untuk membuat kombinasi produk pada paket-pake bundle yang menarik perhatian. Kamu bisa mencoba dalam banyak kombinasi terlebih dahulu sebelum mulai memprioritaskan menjual beberapa bundle dengan penjualan terbaik.
Baca Juga: Strategi Upselling untuk Bisnis, Dongkrak Penjualan Hingga Kepuasan Pelanggan!
Nah, itulah informasi menarik mengenai strategi cross selling produk sebagai salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan dalam bertransaksi dengan bisnis kamu. Sudah tahu akan menerapkan strategi cross selling seperti apa?
Yuk, ikuti terus informasi menarik lainnya seputar bisnis dengan klik di sini!