Aqua merupakan merek Air Minum Dalam Kemasan atau AMDK yang sudah lama merajai pasar bisnis AMDK di Indonesia. Salah satu alasan mengapa Aqua bisa keluar sebagai market leader untuk pasar bisnis AMDK adalah karena strategi marketing Aqua yang berhasil.
Aqua juga merupakan merek air minum pelopor bisnis AMDK di Indonesia. Sejak pertama kali didirikan pada 1973, Aqua terus kedatangan kompetitor dalam bisnis serupa.
Meski begitu, Aqua tetap bertahan sebagai market leader berkat beberapa strategi marketing di bawah ini yang bisa kita pelajari.
Strategi Marketing Aqua yang Berhasil
Bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis atau sedang mempelajari kunci sukses strategi marketing dari brand yang sudah memimpin pasar, kamu wajib tahu bagaimana strategi marketing Aqua. Yuk, pelajari!
Branding yang Kuat
Strategi marketing Aqua yang pertama adalah membangun branding yang kuat. Membangun branding atau citra merek memang dapat menjadi strategi jangka panjang pada sebuah merek atau brand.
Aqua memiliki branding sebagai produk air mineral sehat berkualitas dengan harga premium. Branding ini selalu tampak dalam banyak iklannya, di mana mereka mengambil dari sumber mata air pegunungan terpilih yang kualitasnya selalu terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.
Melalui citra merek yang dibangunnya, Aqua dapat membangun persepsi pada konsumen bahwa mereka menghasilkan produk yang sehat, berkualitas, dan dapat dipercaya oleh konsumen keasliannya.
Menjaga Kualitas Produk
Citra merek yang dibangun, tentu juga harus sejalan dengan kenyataan yang sebenarnya pada kualitas produk. Aqua menawarkan produk berkualitas dengan menjaga ekosistem di sekitar sumber air untuk memastikan kualitas air dan bebas dari pencemaran sekecil apapun.
Air minum Aqua mengandung mineral alami yang terjaga keasliannya. Diproses dengan hati-hati menggunakan teknologi modern. Mereka juga rutin melakukan uji terhadap kandungan mineralnya sehingga konsumen mendapatkan produk berkualitas.
Sebab sejatinya, meskipun strategi marketing dan promosinya efektif dan berhasil, jika sebuah produk tidak dapat menjaga kualitas, tentu saja konsumen tidak mau bertahan.
Slogan yang Simpel dan Mudah Diingat
Pastinya kamu sudah sangat akrab dengan slogan Aqua yang sering berseliweran di berbagai media massa dan media sosial. Slogan seperti “Ada Aqua?” atau “Aqua Dulu” melekat di benak banyak audiens, termasuk kamu.
Slogan sederhana yang mudah diingat ini, menjadi salah satu strategi marketing Aqua yang berhasil membuat konsumen memiliki kesadaran akan merek. Slogan tersebut juga efektif menyampaikan pesan Aqua kepada konsumen.
Menggunakan slogan tersebut, Aqua ingin konsumen untuk memilih Aqua sebagai pilihan pertama karena kualitasnya yang terpercaya.
Promosi di Berbagai Media
Metode promosi yang dilakukan Aqua tersebar di berbagai media. Jangkauan audiens yang dicapai juga jauh lebih luas dan sangat efektif menarik pasar dari berbagai kalangan dan usia.
Mulai dari media massa dengan iklan dan sponsor event atau program, hingga media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, dan Instagram. Mereka juga menjalin kerjasama dengan publik figur untuk menyampaikan pesan-pesan marketing mereka.
Pada strategi promosi mereka di media sosial, Aqua juga aktif membuat konten-konten media sosial yang mengikuti perkembangan trend. Mereka juga membuat program-program promosi berhadiah dan aktif bekerja sama dengan berbagai brand.
Memiliki Brand Value yang Selaras dengan Pasar
Aqua sepertinya paham betul siapa segmentasi pasar yang mereka tuju. Banyak dari konsumen yang cenderung akan memilih brand yang sesuai dengan nilai atau value yang mereka punya.
Aqua pun memilih strategi pasar sebagai produk yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara lingkungan. Mereka memproduksi produk ke dalam botol yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang..Aqua juga mengeluarkan botol kaca yang sering kamu temui ketika mengunjungi restoran, alih-alih menggunakan botol plastik sekali pakai.
Mereka juga terlibat aktif dalam kampanye ramah lingkungan seperti mengajak konsumen untuk melakukan daur ulang. Salah satu program Aqua ini adalah Bijak Berplastik, mengurangi emisi karbon, hingga melakukan program penghijauan.
Kampanye ini, membuat brand dapat mengedukasi konsumen agar semakin banyak produk Aqua yang didaur ulang. Konsumen juga akan lebih mencintai produk yang menawarkan value baik yang sejalan dengan mereka.
Distribusi yang Menyeluruh
Aqua memastikan produk mereka mudah diakses dan didapatkan dengan melakukan distribusi secara menyeluruh menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Mereka menerapkan berbagai saluran distribusi mulai dari swalayan dan supermarket hingga kios kecil dan pedagang kaki lima.
Aqua memiliki saluran distribusi yang terintegrasi. Mereka mendirikan pabrik distribusi di banyak daerah dan pulau-pulau di Indonesia untuk memastikan produk mereka dapat dijangkau seluruh konsumen.
Kualitas produk yang terjaga atau seluruh strategi marketing Aqua yang dilakukan, tentu akan percuma ketika produk mereka tidak bisa ditemui di pasaran. Momen tersebut akan sangat mudah dimanfaatkan oleh kompetitor untuk mengambil alih posisi Aqua sebagai market leader dengan penjualan yang tinggi.
Baca Juga: Strategi Marketing Indomie Sebagai Market Leader Mi Instan di Indonesia
Strategi marketing Aqua di atas, bisa, lho, kamu coba terapkan juga pada bisnis kamu! Kalau bingung mau mulai dari mana, yuk konsultasikan terlebih dahulu permasalahan bisnis kamu bersama MBN Consulting!
MBN Consulting adalah agensi konsultan dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.