Di era digital, menjalankan digital campaign telah menjadi salah satu strategi pemasaran wajib dalam mencapai target audiens secara luas. Digital campaign melibatkan penggunaan platform digital seperti media sosial, situs web, dan email. Nah, dalam artikel ini, kita akan bahas mengenai cara menjalankan digital campaign yang efektif untuk membantu kesuksesan bisnis.
Sekilas Mengenai Digital Campaign
Apa itu digital campaign? Mungkin kamu sudah berulang kali mendengar istilah ini, terutama bagi kamu yang akrab menggeluti dunia bisnis dan pemasaran. Istilah digital campaign merujuk pada kegiatan pemasaran atau marketing yang dilakukan secara online untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis.
Promosi ini dilakukan dengan menggunakan content marketing atau iklan yang hanya disebarkan melalui platform digital seperti media sosial dan internet. Sehingga, dibutuhkan target pasar yang tepat dan pesan campaign yang berkualitas agar tujuan dari campaign berhasil. Salah satu indikatornya adalah untuk meningkatkan visibilitas, engagement, serta konversi penjualan pada bisnis.
Cara Menjalankan Digital Campaign untuk Memasarkan Bisnis
Bagi kamu yang saat ini baru saja terjun ke dunia bisnis, atau tertarik dengan bidang pemasaran digital, kamu wajib paham, nih, apa saja unsur yang terdapat pada kegiatan campaign melalui platform digital ini. Berikut penjelasannya:
1. Menentukan Objektif atau Target
Langkah pertama dalam menjalankan digital campaign yang efektif yaitu menentukan tujuan yang jelas. Apakah kamu ingin meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), atau meningkatkan penjualan? Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, kamu dapat merancang strategi dan taktik yang sesuai untuk mencapainya.
Setelah menentukan objektif yang ingin dicapai, selanjutnya kamu dapat mulai menyusun strategi digital marketing-nya. Susunlah strategi ini secara detail dan buat target KPI (key performance index) yang harus dicapai. Cara ini akan dapat memotivasi kamu dan tim dalam mencapai tujuan bersama.
2. Identifikasi Target Audiens
Siapa yang ingin kamu jangkau melalui campaign ini? Apakah mereka remaja, profesional muda, atau kelompok usia tertentu? Memahami siapa target audiens akan membantumu menyusun pesan dan konten yang relevan dan menarik bagi mereka.
3. Memilih Platform yang Tepat
Ada banyak platform digital yang dapat kita gunakan, seperti media sosial (Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter), situs web, blog, dan email. Pilih platform yang sesuai dengan target audiens kamu, sehingga dapat efektif mencapai tujuan bisnis atau campaign yang dilakukan.
4. Sampaikan Pesan yang Unik dan Relevan
Salah satu inti dari keberhasilan sebuah campaign adalah isi pesan yang unik dan relevan dengan target pasar yang kamu tuju. Sesuaikan juga isi pesan dengan persona brand, sentuh sisi empati audiens, atau hasilkan campaign yang bisa dipahami oleh semua orang sehingga mereka bisa merasa relate atau terhubung dengan produk yang kamu jual.
5. Melakukan Analisis Terhadap Hasil
Terakhir, penting untuk mengukur dan menganalisis hasil digital campaign yang sudah kamu lakukan. Gunakan alat atau fitur analitik yang tersedia di platform digital yang kamu pakai untuk melacak kinerja kampanye yang sudah jalan. Analisis ini akan memberikan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di masa mendatang.
Apa Saja Strategi yang Harus Dilakukan untuk Menjalankan Digital Campaign yang Efektif?
1. Gunakan Media Sosial dengan Cerdas
Media sosial adalah platform yang populer untuk menjalankan digital campaign. Pilih platform yang sesuai dengan target audiens kamu. Lalu, fokuslah pada platform yang paling relevan dengan bisnis.
Buat konten organik menarik, konsisten, dan bagikan informasi bermanfaat bagi pengikut atau target pasar. Gunakan fitur-fitur seperti iklan berbayar atau social media ads, dan influencer marketing untuk meningkatkan visibilitas dan engagement audiens terhadap bisnis kamu.
3. Optimalisasi SEO
Mesin pencari seperti Google adalah sumber penting untuk mendapatkan lalu lintas organik ke situs web kamu. Lakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) dengan menggunakan kata kunci yang relevan, membuat konten berkualitas, dan memperbaiki struktur situs web.
Dengan memperhatikan SEO, kamu dapat meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian dan meningkatkan jumlah pengunjung.
4. Email Marketing
Email marketing biasanya cukup efektif dan menjadi strategi yang kuat untuk menjalankan digital campaign. Kumpulkan daftar email pelanggan dan kirimkan email dengan konten yang relevan, menarik, dan personal kepada mereka. Pastikan mereka menyukai konten-konten maupun promosi yang kamu kirimkan agar pesanmu tidak berakhir di spam.
Kamu juga bisa mengirimkan email secara teratur, misalnya beberapa kali dalam sebulan. Namun, jangan berlebihan agar tidak mengganggu pelanggan. Untuk daoat melakukan campaign melalui email, gunakan alat pengiriman email massal seperti aplikasi CRM yang bisa melacak tingkat buka, klik, dan konversi untuk mengukur keberhasilan kampanye kamu.
5. Ciptakan Konten yang Berkualitas
Konten yang berkualitas dan relevan sangat penting dalam kampanye digital. Buat konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat bagi audiens. Kamu juga bisa membuat konten yang menyentuh sisi emosional audiens, sehingga mereka bisa merasa lebih dekat dengan brand atau bisnis kamu.
Untuk dapat mengemas ide konten ke dalam sesuatu yang menarik perhatian audiens, gunakan berbagai format konten seperti artikel, video, atau infografis.
6. Sediakan Budget untuk Iklan
Pelaksanaan kampanye digital hampir mustahil dilakukan jika tanpa bantuan iklan. Iklan akan sangat membantu dalam boosting atau mendorong agar campaign kamu dapat ditemukan audiens dan bisa diakses dengan mudah.
Saat menggunakan iklan berbayar, anggap saja kamu sedang berinvestasi pada pengembangan dan kemajuan bisnis. Sehingga, sangat penting untuk dimaksimalkan penggunaannya dengan memberikan budget yang relatif lebih besar. Cara ini dapat membuat kampanye kamu menjangkau jauh lebih banyak massa dan mendapatkan hasil maksimal.
Penerapan strategi digital campaign di atas sangat bergantung pada siapa target audiens dan isi pesan kampanye yang mampu menarik perhatian mereka. Untuk itu, rumuskan terlebih dahulu strategi kreatif yang akan kamu lakukan sebelum memulai kampanye untuk bisnismu, ya!
Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Pemasaran yang Sukses?
Tingkatkan Efisiensi Perusahaan dengan Mengoptimalkan Sistem Operasional Bisnis
Manajemen operasional bisnis yang efektif dapat membantumu mencapai lebih banyak target penjualan dan menciptakan profit bagi perusahaan. Penting bagi bisnis untuk menciptakan sistem operasional bisnis yang solid demi meminimalisir risiko kesalahan dan kegagalan yang berujung pada kerugian.
Sistem operasional bisnis dari MBN Consulting akan memudahkanmu dalam pengelolaan bisnis mulai dari keuangan, perpajakan, rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia, inventaris, hingga operasional bisnis sehari-hari.
Tertarik untuk mengetahui layanan yang kami tawarkan? Silakan klik tombol di bawah untuk berkonsultasi lebih lanjut.